Selasa 29 Nov 2022 00:01 WIB

Pemkab Kediri Fasilitasi Jaringan Internet Dukung Kemajuan Seni Budaya

Layanan internet ini diberikan untuk mendukung dibuatnya web dan media.

Jaringan internet (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Jaringan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memfasilitasi internet sebagai upaya mendukung kemajuan seni dan budaya di kabupaten ini agar lebih berkembang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri Sri Ilham Wahyu Subekti, menegaskan layanan internet ini diberikan untuk mendukung dibuatnya web dan media promosi digital lain seperti live streaming demi kemajuan seni dan budaya di kabupaten ini.

Baca Juga

"Kediri ini memiliki bandwich 1.450 terpakai rutin 350. Apabila desa dan kecamatan serentak memakai (bandwich). Maka yang terpakai hanya 750," kata Ilham di Kediri, Senin (28/11/2022).

Ia menambahkan dengan kecepatan jaringan internet tersebut, pemerintah kabupaten mendorong agar pelaku seni dapat menggunakan jaringan yang ada. Mereka juga bisa proaktif dalam mempromosikan budaya dan seni asli Kabupaten Kediri, seperti Kabupaten Kediri yang dikenal sebagai Bumi Panjalu memiliki Petilasan Sri Aji Jayabaya, Cerita Panji. Kabupaten Kediri juga banyak memiliki candi serta bisa mengulas sejarah candi tersebut.

 

"Teman-teman budayawan kami fasilitasi. Jadi publikasinya tidak hanya lokal, tapi mendunia," kata dia.

Selain bidang seni dan budaya, pihaknya juga mengajak seluruh desa untuk terus mengembangkan potensi desa dengan memanfaatkan infrastruktur yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Kediri ini. Pihak desa bisa mengembangkan pariwisata desa maupun seni dan budaya di daerahnya masing-masing.

Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) Imam Mubarok mengatakan di era saat ini ancaman bagi pelaku seni dan budayawan adalah digital. Untuk itu, kemampuan hingga pengetahuan budayawan dalam menguasai teknologi dan digitalisasi harus ditingkatkan.

"Ancaman pelaku seni dan budayawan saat ini adalah digital. SDM yang dimiliki perlu di upgrade. Yang kedua adalah legalitas. Kami akan beri rekomendasi pada Bupati Kediri (Hanindhito Himawan Pramana) untuk membantu legalitas seniman dan kebudayaan terkait perizinan," kata dia.

Imam juga meminta pelaku seni berkomitmen untuk bersatu padu membangun majunya kebudayaan di Kabupaten Kediri. Dengan komitmen bersama, seni dan budaya di Kabupaten Kediri tentunya bisa lebih maju.

Sementara itu, dari data DK4, kurang lebih sebanyak 1.760 budaya dan seni sudah terdaftar di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. Mereka telah daftar dan memiliki induk kebudayaan sebagai legalitas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement