Kamis 08 Dec 2022 18:09 WIB

Sebelas Anjing Ras K9 Ikut Terlibat dalam Pengamanan Tasyakuran Kaesang dan Erina

Anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan Ditsamapta Polda Jateng.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sebelas Anjing Ras K9 sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama acara di Kota Solo, Kamis (8/12)
Foto: dok. Humas Polda Jawa Tengah
Sebelas Anjing Ras K9 sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama acara di Kota Solo, Kamis (8/12)

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -– Sebelas ekor anjing ras jenis belgian malitnoise dan golden retriever turut terlibat dalam pengamanan tasyakuran pernikahan Kaesang - Erina di Solo.

Hewan-hewan yang cukup bersahabat ini dikerahkan Polda Jateng untuk melaksanakan tugas untuk sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama prosesi tasyakuran berlangsung.

Baca Juga

Kasubsatgas Satwa pengamanan kegiatan, Kompol Tourakhman, mengatakan anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan Ditsamapta Polda Jateng dan delapan polres jajaran.

"Disamping dari K-9 Ditsamapta Polda, satwa yang dilibatkan berasal dari sejumlah Polres seperti polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa Polres di wilayah Soloraya," kata Tourakhman dari keterangan pers, Kamis (8/12/2022)

Pihaknya mengatakan anjing-anjing tersebut sangat terlatih dan akan ditempatkan di tiga titik strategis yaitu tempat start kirab di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab dan lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

"Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di subsatgas satwa ini. Mereka disebar di tiga titik, yaitu Loji Gandrung, perlintasan kirab dan Pura Mangkunegaran. Namun yang terbanyak ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing. Tugas pokoknya nanti pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyebut sterilisasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan Polri dalam mengamankan suatu kegiatan penting. Masyarakat diharapkan tidak perlu takut akan kehadiran anjing-anjing dari unit K-9 Polri di lapangan.

"Mereka cukup familiar dan berpengalaman. Meski begitu, mereka sangat awas dan teruji dalam menjejak bahan peledak di suatu lokasi," pungkasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement