Senin 12 Dec 2022 22:07 WIB

BAN-PT: Tiga PTS di Jateng Terakreditasi Unggul

Terdapat sembilan kriteria yang harus dipenuhi dalam proses akreditasi.

BAN-PT: Tiga PTS di Jateng Terakreditasi Unggul. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.
Foto: udinus.ac.id
BAN-PT: Tiga PTS di Jateng Terakreditasi Unggul. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Ari Purbayanto menyebut adanya tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah (Jateng) yang sudah terakreditasi unggul.

"Saat ini masih ada kesenjangan mutu pendidikan tinggi di Indonesia," kata dia saat menjadi pembicara dalam Seminar "Strategi Meraih Akreditasi Unggul" yang digelar Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah di Semarang, Senin (12/12/2022).

Baca Juga

Dia menyebut jumlah perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang sudah terakreditasi sebanyak 47 unit.

Kesenjangan tersebut, kata dia, disebabkan adanya tingkat pemahaman, kesadaran, dan tanggung jawab tentang sistem penjamin mutu internal.

 

Ia menjelaskan terdapat sembilan kriteria yang harus dipenuhi dalam proses akreditasi perguruan tinggi maupun program studi.

Kesembilan kriteria tersebut meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tri dharma.

Ketua Aptisi Jawa Tengah Edi Noersasongko mengatakan belum banyaknya perguruan tinggi yang belum terakreditasi unggul diharapkan bisa saling berbagi pengalaman.

"Banyak yang belum terakreditasi unggul, diharapkan kita bisa saling tukar pengalaman sehingga jumlah yang terakreditasi unggul meningkat," katanya Rektor Udinus Semarang itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement