Rabu 14 Dec 2022 15:20 WIB

UGM Masuk Jajaran Kampus Hijau Versi Pemeringkatan UI GreenMetric

Penilaian didasarkan pada konsep kerangka lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat ke-34 jajaran kampus yang menjalankan program dan kebijakan yang berkelanjutan versi pemeringkatan UI Greenmetric. Sementara di lingkup nasional UGM menempati posisi tiga besar bersama Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro.

“UGM berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya yang bersifat berkelanjutan dalam berbagai aspek pengelolaan institusi, untuk mencapai visi dan misi UGM sebagai universitas yang peduli terhadap kelangsungan hidup bumi kita di masa mendatang," kata Sekretaris Rektor UGM, Wirastuti Widyatmanti, Rabu (14/12/2022).

Ia menambahkan hasil penilaian tersebut sudah cukup baik. UGM juga telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan pengembangan kelestarian lingkungan dan perbaikan kualitas sumber daya manusia ke depan, disusun  secara komprehensif dan seimbang. 

Selain itu UGM  secara aktif menyuarakan isu terkait perubahan iklim dan mempromosikan perilaku ramah lingkungan kepada para civitas. “Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, kami menyadari bahwa UGM memegang peranan penting sebagai penggerak perubahan dan menjadi pelopor dalam mewujudkan bumi lestari (sustainable planet) dengan tata kelola hijau, ekonomi hijau, dan tentunya penggunaan energi dan material hijau,” ungkapnya.

UI GreenMetric World University Rankings merupakan sebuah pemeringkatan yang dilakukan untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus di seluruh dunia. Penilaian didasarkan pada konsep kerangka lingkungan, ekonomi, dan sosial. Tema yang diusung pada tahun ini adalah Collective Actions for Transforming Sustainable Universities in the Post-Pandemic Time.

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 1.050 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari peserta pemeringkatan 2021 sebanyak 956 perguruan tinggi dari 80 negara. Di Indonesia sendiri, terdapat 126 perguruan tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement