Kamis 22 Dec 2022 20:18 WIB

Berbagai Pentas Seni Digelar di Sejumlah Destinasi di Sleman

Pentas seni yang digelar Dinas Pariwisata berasal dari APBD Kabupaten Sleman.

Berbagai Pentas Seni Digelar di Sejumlah Destinasi di Sleman (ilustrasi).
Foto: Dok. Pemkab Banyumas
Berbagai Pentas Seni Digelar di Sejumlah Destinasi di Sleman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar berbagai pentas seni di beberapa destinasi wisata di Sleman dalam rangka memeriahkan liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Gelar pentas seni dimaksudkan untuk memberikan atraksi penunjang destinasi saat liburan akhir tahun," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, pentas seni tersebut digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman maupun secara mandiri oleh pengelola destinasi maupun usaha jasa setempat.

"Pentas seni yang digelar Dinas Pariwisata berasal dari APBD Kabupaten Sleman maupun anggaran dari Dana Keistimewaan Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, selama ini keberadaan Dana Keistimewaan Yogyakarta dalam pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Sleman dinilai cukup efektif dan mampu mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas pentas seni pendukung.

"Bahkan juga untuk peningkatan penyediaan sarana dan prasarana kepariwisataan dalam bentuk penambahan seni instalasi di berbagai destinasi wisata," katanya.

Ishadi mengatakan, terkait prediksi peningkatan angka kunjungan wisatawan di berbagai destinasi di Sleman, pihaknya mengimbau para pengelola destinasi, para pelaku usaha jasa pariwisata, dan para pedagang untuk mengedepankan pelayanan yang baik kepada wisatawan.

"Jangan sampai momentum liburan akhir tahun ini dimanfaatkan untuk kepentingan sesaat yang berdampak merugikan wisatawan," katanya.

Ia mencontohkan perilaku "nuthuk" (mematok harga tinggi), memaksakan dagangan, dan lainnya justru akan berdampak negatif terhadap kepariwisataan di Kabupaten Sleman khususnya dan kepariwisataan DIY pada umumnya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman Wasita menyebutkan untuk gelaran pentas seni liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 meliputi pertunjukan Campursari Embun Laras dari Drono Tridadi Sleman pada Sabtu 24 Desember 2022 Jam 10.00 - 15.00 WIB di Panggung Tlogoputri Kaliurang.

Pentas Band Neokustik dari Ganggong Bangunkerto Turi Sleman pada Minggu 25 Desember 2022 Jam 10.00 ? 15.30 di Tlogoputri Kaliurang.

"Pada Sabtu, 31 Desember 2022, pukul 10.00-15.30 pertunjukan Jathilan Turonggo Kencono Mudho dari Tirtomartani Kalasan di Tlogoputri Kaliurang dan pertunjukan Kubro Roso Siswo dari Kedungprahu Sendangrejo Minggir di Gardu Pandang Kaliurang," katanya.

Kemudian pada Minggu, 1 Januari 2023, dengan pertunjukan Orkes Melayu Romansa dari Pogung Lor dari Pogung Lor Sendangadi Mlati, di Gardu Pandang Kaliurang, Jathilan Lembayung Senja dari Jombor Sinduadi Mlati Sleman di Bukit Klangon dan Jathilan Turonggo Muda Prono Jati dari Sejati Trukan Sumberarum Moyudan Sleman diTlogo Putri Kaliurang.

Selain itu juga terdapat event di Tebing Breksi yang bertajuk Tebing Breksi Gumebyar 2023 pada 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023.

"Berbagai paket event malam Natal dan tahun baru juga diselenggarakan secara mandiri di berbagai hotel di Sleman dengan pemberlakuan tiket tersendiri," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement