Rabu 04 Jan 2023 21:07 WIB

Kegiatan Kontribusi Sosial Mahasiswa PMM UMP Sasar Panti Asuhan

Dua panti asuhan ini memang yang paling membutuhkan bantuan.

Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
Foto: UMP
Gedung kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melaksanakan kegiatan kontribusi sosial di panti asuhan. Ini sebagai bagian akhir dari kegiatan PMM UMP.

Kegiatan kontribusi sosial dilaksanakan di Panti Asuhan Dharmo Yuwono dan Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ketua Kontribusi Sosial PMM UMP Dr Elly Hasan Sadeli mengatakan acara tersebut merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya pada modul pembelajaran.

"Sebelumnya para mahasiswa PMM telah melaksanakan kegiatan kebhinnekaan, refleksi, dan inspirasi. Sekarang dilaksanakan kegiatan kontribusi sosial bertajuk 'Pengenalan Budaya Kuliner dalam Membangun Semangat Kebhinnekaan'," katanya.  

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan bentuk menebar cinta dan kasih baik kepada anak-anak di panti asuhan dan juga mahasiswa PMM.

"Kegiatan PMM ini sebagai satu awalan untuk semakin memperkuat tali silaturahim dan bentuk rasa syukur kita atas nikmat dan karunia dari pemilik semesta," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Majelis Pelayanan Sosial Muhammadiyah PDM Banyumas Drs H Sakuri Dahlan menyampaikan terima kasih dan syukur atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Menurut dia, kunjungan UMP bersama 89 mahasiswa PMM di Panti Asuhan Dharmo Yuwono dan Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto berdampak positif.

"Harapannya kegiatan positif ini dapat terus dikembangkan untuk tahun-tahun mendatang dengan kreativitas yang berbeda, lebih lagi kegiatan ini merupakan pintu atas berlangsungnya kerja sama-kerja sama di masa mendatang," jelasnya.

Koordinator MBKM yang juga dosen Modul Nusantara Dr Laily Nurlina menjelaskan dipilihnya Panti Asuhan Dharmo Yuwono dan Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Kontribusi Sosial itu dilakukan berdasarkan survei.

"Kami mendapati bahwa dua panti asuhan ini memang yang paling membutuhkan bantuan, sehingga melalui dana hibah yang diberikan pemerintah atas pelaksanaan kegiatan PMM kedua kepada UMP, kami mencoba menyalurkan bantuan melalui kegiatan kontribusi sosial ini dengan menyuplai alat-alat kebersihan, alat-alat dapur, dan sebagainya guna menunjang kehidupan anak-anak di panti asuhan," jelasnya.

Ia juga mengharapkan pogram PMM tidak akan berhenti sampai di sini, dan UMP siap untuk menerima serta melaksanakan program PMM gelombang ketiga yang saat ini tengah dipersiapkan.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement