Sabtu 07 Jan 2023 21:21 WIB

Ajak Cucu ke Candi Prambanan, Presiden Jokowi Promosi Wisata Edukasi

Jan Ethes tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan.

Pegunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, DIY.
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pegunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menghabiskan akhir pekan dengan mengajak cucu mereka ke Taman Wisata Candi Prambanan di Sleman, DIY, Sabtu (7/1/2023), sembari mempromosikan destinasi wisata edukasi tersebut.

Presiden berkunjung ke Candi Prambanan bersama putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, menantunya Selvi Ananda, serta dua cucu yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Selama kunjungan, rombongan keluarga Presiden berkeliling dipandu langsung olek Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Manggar Sari, yang menjelaskan sejarah Candi Prambanan.

Cucu sulung Presiden, Jan Ethes, tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan Manggar tentang warisan budaya dunia tersebut. "Ini yang paling besar," kata Manggar sembari menunjuk Candi Siwa yang berketinggian 47 meter.

 

Kepala Negara juga sempat mengajak kedua cucunya untuk masuk ke dalam salah satu candi, untuk melihat lebih dekat relief yang terukir di sana. Kehadiran keluarga Presiden Jokowi cukup menarik antusiasme pengunjung Candi Prambanan yang tidak menyangka bakal mendapat kesempatan bertemu orang nomor satu tersebut.

"Enggak nyangka lagi study tour eh ada Pak Jokowi," kata salah satu pengunjung bernama Amelia.

Taman Wisata Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi pelesir favorit bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu berlibur. Presiden Jokowi sebelumnya juga pernah menyerukan agar jajaran pejabat baik pusat maupun daerah untuk senantiasa menggalakkan pariwisata dalam negeri demi mendorong potensi destinasi wisata Indonesia.

"Sekali lagi, tolong masyarakat diajak Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, untuk berwisata di dalam negeri saja," kata Presiden saat memberi arahan kepada pimpinan kementerian/lembaga Kabinet Indonesia Maju, kepala daerah, pimpinan BUMN, panglima komando daerah militer, kepala kepolisian daerah, dan kepala kejaksaan tinggi di Jakarta Convention Center, medio September 2022.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement