Ahad 08 Jan 2023 16:46 WIB

Kelurahan Kebonsari Jember Jadi Lokasi Wisata Kampung Mural 3D

Kegiatan itu merupakan langkah nyata untuk membangkitkan perekonomian.

Sejumlah anak sekolah berjalan di samping tembok yang dilukis mural di kawasan objek wisata (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah anak sekolah berjalan di samping tembok yang dilukis mural di kawasan objek wisata (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Bupati Jember Hendy Siswanto meluncurkan wisata Kampung Mural 3 Dimensi (3D) di Kelurahan Kebonsari yang merupakan pertama di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Ahad (8/1/2023).

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi maksimal. Kegiatan itu merupakan langkah nyata untuk membangkitkan perekonomian, khususnya di Kabupaten Jember," katanya saat memberikan sambutan di depan Kantor Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Menurut dia, masyarakat bersatu padu untuk membuat acara yang pertama kali di Jember yakni kegiatan Car Free Day (CFD) dan wisata kampung mural 3D yang dimeriahkan penampilan Jember Fashion Carnaval (JFC), tarian, stan kuliner dari 260 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sepanjang jalanan Kebonsari.

"Saya berharap kegiatan itu harus bisa ditiru oleh kelurahan lain. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan di Kelurahan Kebonsari," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dilakukan secara rutin dan juga kelurahan yang lain bisa melakukan hal yang sama. Sehingga daya beli masyarakat meningkat dan berdampak bisa mengurangi angka kemiskinan di Jember.

Sementara Lurah Kebonsari Herlan Hidayat mengatakan pihaknya bersama jajaran menyiapkan wisata Kampung Mural tersebut dalam waktu tiga bulan dan didukung dengan ratusan stan UMKM yang dikemas dalam kegiatan hari bebas kendaraan.

"Wisata mural 3 dimensi yang pertama kalinya di Jember. Kegiatan itu merupakan hasil kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan juga kooperatif dari masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan dua kegiatan inovatif dan kreatif yakni peluncuran wisata mural 3D dan pasar murah di Kelurahan Kebonsari bertujuan untuk menyelaraskan program bupati Jember untuk mengurangi angka kemiskinan dan memberdayakan UMKM.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama yang apik antara pemangku kepentingan mulai dari RT/RW, kelurahan, kecamatan, dan tentunya segenap warga Kebonsari yang ikut mendukung sehingga acara ini digelar dengan sukses," ujar dia.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement