Senin 09 Jan 2023 18:33 WIB

DKP Kulon Progo Bangun Kembali Pasar Ikan Gawok Wates

Pasar Ikan Gawok juga akan menerapkan prinsip sanitasi dan higienis

Ikan segar/ilustrasi
Foto: ralphsfreshfishmongers.com
Ikan segar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun kembali Pasar Ikan Gawok Wates menjadi pusat penjualan produk-produk olahan, ikan segar, hingga ikan sudah dibumbu siap dimasak.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Trenggono mengatakan saat ini, Pasar Ikan Gawok Wates menjual ikan segera dan benih ikan.

"Ke depan, Pasar Ikan Gawok akan menjadi pusat penjualan produk-produk olahan hingga ikan siap masak yang anggarannya berasal dari dana keistimewaan," kata Trenggono.

Ia mengatakan rencananya, Pasar Ikan Gawok akan dikelola oleh asosiasi kelompok pengolah dan pemasar. DKP akan memfasilitasi alat penghitung otomatis kasir, fasilitas penjualan hingga lemari pendingin.

"Nanti, Pasar Ikan Gawok akan kami kemas modern. Sehingga Kulonprogo memiliki ikon sebagai wilayah bahari," katanya.

Trenggono mengakui penjualan benih ikan menunggu perbaikan fasilitas sarana perbenihan, salah satunya adalah ketersediaan sumber air.

"Sarana pemasaran Pasar Ikan Gawok mulai kita fasilitasi melalui dana keistimewaan pada tahun ini," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Pasar Ikan Gawok juga akan menerapkan prinsip sanitasi dan higienis yang mencerminkan kebersihan dan kesehatan, yang menjadi persyaratan utama untuk menghasilkan produk yang aman dikonsumsi masyarakat.

Pasar Ikan Gawok diharapkan akan menjadi sentra bisnis perikanan di Kulonprogo, yang menyediakan suplai produk perikanan bermutu, aman dikonsumsi, dan terjangkau harganya. Keberadaan Pasar Ikan Gawok juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan konsumsi ikan sehingga masyarakat Kulonprogo akan semakin cerdas dan maju.

"Yang tidak kalah pentingnya Pasar Ikan Gawok akan menjadi destinasi wisata sektor perikanan, serta sarana promosi, edukasi dan informasi kepada pelaku usaha dan masyarakat," katanya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo Priyo Santoso mendukung pengoptimalan kembali fungsi fasilitas umum sebagai pusat pasar ikan di Kulonprogo.

Ia berharap OPD teknis untuk bisa memfungsikan kembali keberadaan Pasar Ikan Gawok Wates, sehingga tidak terkesan mangkrak. "Kami berharap Pasar Ikan Gawok ini berkembang dan menjadi ikon di Kulonprogo," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement