Kamis 03 Feb 2022 17:19 WIB

Pasar Ikan Balekambang Gelar Bazar Bagikan Voucher Diskon Akhir Pekan Ini

Jenis ikan yang disiapkan untuk bazar mulai dari ikan air tawar hingga ikan laut.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pasar Ikan Balekambang Gelar Bazar Bagikan Voucher Diskon Akhir Pekan Ini (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Pasar Ikan Balekambang Gelar Bazar Bagikan Voucher Diskon Akhir Pekan Ini (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Pasar Ikan Balekambang berencana menggelar bazar ikan murah untuk memperingati ulang tahun pertama pada Jumat-Ahad (4-6/2). Dalam bazar tersebut, manajemen bakal memberikan voucher diskon untuk berbelanja ikan senilai total jutaan rupiah.

Owner Pasar Ikan Balekambang, Ilyasa Micco Harwanto, mengatakan, bazar ikan murah akan digelar selama tiga hari dimulai saat pasar ikan buka pukul 19.00-24.00 WIB. Pembagian voucer akan ditutup pukul 21.00 WIB. Tetapi, voucer bisa digunakan sampai pasar ikan tutup.

Baca Juga

"Pedagang akan support dengan memberikan voucer potongan diskon yang bisa dinikmati seluruh pengunjung," jelasnya saat jumpa pers di Pasar Ikan Balekambang, Kamis (3/2).

Jenis ikan yang disiapkan untuk bazar mulai dari ikan air tawar seperti nila, gurame, patin. Kemudian ikan laut antara lain, udang, cumi, kakap, tuna, kakap merah, tengiri, kerang, kerang dara dan lainnya.

"Nominal voucer kurang lebih sampai jutaan rupiah. Untuk bazar, kami menyiapkan kurang lebih 100-200 kilogram ikan selama tiga hari," imbuhnya.

Setiap hari, pasar ikan tersebut mampu menjual 10-15 ton ikan segar, baik ikan air tawar maupun ikan laut. Selain pasar ikan, terdapat Resto Balekambang yang menyediakan aneka masakan ikan yang sudah berusia 10 tahun.

"Balekambang Resto juga melayani voucer bakaran gratis. Harapannya dengan acara ulang tahun ini semoga ke depannya Balekambang bisa menjalankan program pemerintah yaitu Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dan Wong Solo Sueneng Banget Lawuh Iwak (Wongso Subali)," ujarnya.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Ikan Balekambang, Miyono, menambahkan, awal-awal buka di masa pandemi Covid-19 dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Namun, para pedagang tidak surut semangat dalam memasarkan ikan. Dia bersyukur masyarakat Solo antusias dengan keberadaan Pasar Ikan Balekambang.

"Alhamdulillah, grafik penjualan selalu meningkat. Pedagang sudah bisa untungnya. Kalau omzet setiap hari ikan laut dan tawar kisaran 12-14 ton," ungkap Miyono.

Sementara itu, pengelola Pasar Ikan dan Balekambang Resto, Liesmianingsih, menyatakan, setiap pasar akan dibuka ada kentongan khusus pada pukul 19.00 WIB. Setelah itu, ikan-ikan digelontorkan dari mobil dalam kondisi hidup. Hal itu menjadi hal unik di Pasar Ikan Balekambang.

Pada pukul 19.00-22.000 biasanya pedagang melayani pembeli eceran atau keluarga tetapi dengan harga grosir. Kemudian, pukul 22.00-24.00 WIB para pembeli yang datang merupakan pedagang ikan di pasar-pasar tradisional. Selain ikan segar, pasar tersebut juga menyediakan produk olahan beku seperti tahu tuna, otak-otak, sosis dan sebagainya.

"Untuk acara bazar besok pedagang akan ramai-ramai mendiskon ikannya. Diskon beda-beda. Kalau pemintaan banyak bisa saja besoknya mendatangkan ikan tertentu," kata Lies.

Lies juga menekankan, Pasar Ikan Balekambang memiliki fasilitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Sehingga, limbah dari ikan-ikan tidak menimbulkan masalah lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement