Rabu 25 Jan 2023 18:05 WIB

Kaesang Diproyeksikan Jabat Wali Kota Solo, Gibran: Sowan ke FX Rudy Dulu

Gibran menyarankan agar Kaesang memulai karier politiknya dari level bawah.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Walikota Solo Gibran Rakabuming kaget atas penyataan terbuka Kaesang ingin terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023).
Foto: Republika/Alfian
Walikota Solo Gibran Rakabuming kaget atas penyataan terbuka Kaesang ingin terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberikan rekomendasi apabila Kaesang Pangarep ingin menggantikan dirinya menjadi wali kota Solo. Gibran meminta adik kandungnya itu bertandang kepada Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

"Kalau Solo (Pilkada) Kaesang kon sowan Pak Rudy (Ketua DPC PDIP) sek nolho penak to," kata Gibran, Rabu (25/1/2023).

Ditanya apakan dirinya akan menjembatani pertemuan antara Kaesang dengan Rudy, Gibran mengatakan enggan membantu. Menurut Gibran, Kaesang sudah dewasa dan bisa memutuskan bagaimana ke depannya.

"(nggak dibantu) Wis sunat, iso mangkat dewe (sudah sunat. Bisa berangkat sendiri)," katanya. 

Disinggung di partai mana Kaesang akan mendaratkan dirinya Gibran mengaku tidak ingin ikut campur. Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada putra bungsu presiden Jokowi tersebut.

"Kaesang aja yang memutuskan ya, beda partai boleh, sama juga boleh, independen boleh. (Rekomendasi partai) semua bagus, tergantung dia (Kaesang mengko milih kota opo ya," katanya. 

Kendati demikian, Gibran menyarankan agar Kaesang memulai karier politiknya dari level bawah. "Ya dari level bawah dulu, mosok langsung Presiden. Bukan DPR, eksekutif," katanya.

Gibran juga mengatakan bahwa secara modal, Kaesang itu sudah cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana Kaesang mampu mengelola Persis Solo. 

"Intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang ya. nanti penilaian warga seperti apa ya silakan. Tapi sekali lagi, Kaesang itu sudah pernah saya kasih tugas dan berjalan dengan baik. Persis, itu contone, itu portfolionya Kaesang," katanya.

Selain itu, Gibran mengaku tidak takut Kaesang akan menyaingi karier politiknya. Sebab ia percaya diri akan ada di tingkat lebih tinggi daripada putra bungsu presiden Jokowi tersebut. "Aku pasti ndisiki munggah (lebih dahulu naik)," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement