Sabtu 28 Jan 2023 21:25 WIB

Penanaman 1.500 Bibit Pohon Upaya Konservasi Lahan Lereng Sindoro

Perlu upaya bersama konservasi tanah kritis dan perlindungan mata air.

Gunung Sindoro di Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: Antar/aAnis Efizudin
Gunung Sindoro di Temanggung, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menanam sekitar 1.500 bibit pohon berbagai jenis di kawasan Embung Kledung di lereng Gunung Sindoro.

Bupati Temanggung M Al Hadziq mengatakan penanaman bibit pohon ini sebagai upaya konservasi tanah dan air berkelanjutan di daerah itu.

Ia menambahkan daerah itu telah melakukan penanaman dalam rangka konservasi tanah dan air berkelanjutan pada 2021 di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau dengan total 174.680 bibit pohon.

"Salah satu lokasi penanaman di 2021 adalah juga di Kecamatan Kledung," katanya dalam gerakan penanaman untuk konservasi tanah dan air berkelanjutan di Desa Kledung.

 

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi terselenggara penanaman di Kledung yang artinya gerakan tersebut berkelanjutan dari tahun ke tahun.

Ia berharap, gerakan serupa dilakukan di Kecamatan Kledung secara khusus dan Kabupaten Temanggung pada umumnya pada tahun-tahun berikutnya.

Khadziq menuturkan di setiap kecamatan di Temanggung, termasuk Kledung, rata-rata terdapat 20-an mata air yang digunakan masyarakat untuk keperluan rumah tangga dan pertanian.

"Artinya tidak hanya lahan kritis yang perlu mendapat perhatian. Kelestarian sumber mata air juga harus diutamakan," kata dia.

Menurut dia, hal ini perlu menjadi perhatian bersama karena apa pun yang terjadi pada sumber daya air di Kabupaten Temanggung tentu akan berpengaruh bagi daerah-daerah di bawahnya.

Oleh karena itu, katanya, perlu upaya bersama terus menggaungkan dan melakukan konservasi tanah kritis dan perlindungan mata air.

"Jika 2021 baru fokus pada lahan kritis yang sulit dijangkau dan masih minim vegetasi. Tahun ini harapannya jangkauannya diperluas dengan kegiatan perlindungan mata air melalui konservasi tanah dan air berkelanjutan," ujarnya.

Ia berharap, penanaman dapat diperluas ke daerah-daerah resapan air yang juga butuh dikonservasi.

"Gerakan ini harus dilakukan saat ini, detik ini juga. Dalam gerakan konservasi ini diperlukan kolaborasi dan kerja sama berbagai pihak, terutama peran serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan secara suka rela untuk bergerak dalam kegiatan ini," jelas dia.

   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement