Selasa 14 Feb 2023 15:16 WIB

Peringatan Kenaikan Tahta Raja Keraton Solo Dihadiri Raja se-Nusantara

Kegiatan tersebut diprediksi diikuti 3,000 lebih peserta.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana Keraton Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana Keraton Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menyebut akan ada raja-raja se-Nusantara yang hadir saat upacara adat Tingalan Dalem Jumenengan atau kenaikan tahta Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII pada Kamis (16/2/2023) mendatang.

"Besuk jumenengan tanggal 16 semua keluarga datang semua. Raja-raja Nusantara dari pulau-pulau lain, kota-kota lain tanggal 15 sore udah sampai. Nanti ada penyambutan dari saya pribadi, ditunggu aja kedatangannya," kata Gibran, Selasa, (14/2/2023).

Kegiatan tersebut diprediksi diikuti 3,000 lebih peserta baik saat prosesi Tingalan Dalem Jumenengan maupun saat kirab berlangsung. "Besok pas jumenengan semua keluarga datang. Tidak ada lagi konflik atau yang bertikai," jelasnya.

Sementara itu, kerabat Keraton Kasunanan, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Benowo mengatakan, saat prosesi kirab ageng nanti, Sinuhun PB XIII akan naik kereta Garuda Kencana bersama Prameswari Dalem.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, juga akan mengikuti dengan naik kereta kencana Garuda Putra bersama mahkota keraton KGPH Purbaya. "Nanti Mas Gibran ikut kirab, satu kereta dengan putra Sinuhun PB XIII. Kereta kencana untuk Sinuhun sudah dipersiapkan," kata dia.

Ia membenarkan akan ada anggota kerajaan lain yang mengikuti kirab tersebut. Namun, ia mengaku tidak mengetahui persisnya.

"Persisnya saya tidak tahu, saya hanya mendapatkan laporan ada beberapa keluarga kerajaan dari Nusantara dari wilayah luar Jawa juga. Ada nanti ada yang dari Sulawesi, Sumatra, dari Kalimantan, hingga Bali," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement