Sabtu 25 Feb 2023 08:48 WIB

Ini Tiga Tokoh Muda Jatim yang Potensial di Pilgub 2024

Survei ARCI dilakukan pada 9 hingga 17 Februari 2023.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, termasuk salah satu nama yang potensial maju di Pilgub Jatim 2024 mendatang.
Foto: Republika/Alfian
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, termasuk salah satu nama yang potensial maju di Pilgub Jatim 2024 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt mengungkapkan ada tiga tokoh muda di Jawa Timur paling dipilih masyarakat menjadi calon gubernur (cagub) maupun calon wakil gubernur (cawagub) Jatim 2024. Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berada di posisi teratas dengan raihan 21,6 persen.

Kemudian disusul Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang mendapat suara 8,9 persen. Selanjutnya di posisi ketiga, ada nama Bupati Sumenep Achmad Fauzi dengan 8,6 persen responden. "Jadi Emil Dardak, Eri Cahyadi, dan Fauzi, mereka sangat diminati karena bisa menarik masyarakat dan populer," kata Baihaki.

Dijelaskan, kepopuleran Emil Dardak tiada lain karena posisinya sebagai wagub Jatim, yang sering berkeliling ke daerah-daerah di wilayah setempat. Sementara Eri Cahyadi, mendapat tempat di hati masyaeakat lantaran mewarisi gaya Wali Kota Surabaya sebelumnya, Tri Rismaharini yang tegas dan cenderung agak keras dalam memimpin.

"Mirip dengan Tri Rismaharini yang disukai masyarakat perkotaan," ujarnya. Baihaki melanjutkan, nama Fauzi cenderung populer karena dikenal sebagai sosok pemimpin yang kalem dan santun.

Gaya tersebut sesuai dengan adat ketimuran, dan disukai masyarakat di perdesaan. "Jadi kalau gaya kepemimpinan Fauzi lebih cool," kata Baihaki.

Ia melanjutkan, keduanya  dianggap berhasil memimpin daerahnya masing-masing. Eri dianggap berhasil membawa Surabaya lebih maju, dan Fauzi dianggap bisa menekan angka kemiskinan dan membawa masyarakat Sumenep lebih sejahtera.

Survei ARCI dilakukan pada 9 hingga 17 Februari 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement