Sabtu 25 Feb 2023 12:32 WIB

Selidiki Penemuan Jasad di Grojogan Sewu, Polisi Tunggu Hasil Otopsi

Proses otopsi dilakukan di Rumah Sakit Moewardi, Solo.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Penemuan potongan tubuh manusia di Grojogan Sewu.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Penemuan potongan tubuh manusia di Grojogan Sewu.

REPUBLIKA.CO.ID,

KARANGANYAR -- Setelah ramai penemuan potongan kaki kanan di kawasan wisata Grojogan Sewu, Karanganyar, pihak kepolisian menyisir lokasi dan menemukan bagian tubuh lainnya. Kendati demikian untuk kejelasan kasus tersebut, polisi masih menunggu hasil otopsi Rumah Sakit Moewardi, Solo.

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yusuf Kumontoy mengatakan dari hasil penyisiran gabungan antara relawan, BKSDA, Polsek Tawangmangu, dan Tim INAFIS Karanganyar telah menemukan bagian lain dari kaki kanan pada Kamis (23/2/2023). Yakni bagian tubuh dengan ciri yang hampir sama.

"Kemarin ditemukan lagi bagian tubuh manusia dengan ciri-ciri tidak ada kaki kanan. Kaki kiri ada, tangannya ada. Bagian kepalanya kalau dilihat agak terkelupas di bagian belakang kecuali dagunya," kata Jerrold, Sabtu (25/2/2023).

Selanjutnya, Jerrold mengatakan bahwa jenazah langsung dilarikan ke RS Moewardi Solo untuk diautopsi. "Kita langsung mengambil langkah berkoordinasi dengan INAFIS dan membawanya ke RS Moewardi Solo. Setelah itu kita melakukan tindakan kepolisian untuk segera menerangkan kasus ini supaya menjadi terang. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak INAFIS juga untuk melakukan evakuasi untuk dilakukan otopsi," katanya.

Terkait identitas korban dan jenis kelamin, Jerrold mengatakan pihaknya masih menunggu dari hasil otopsi yang ada. "Yang pasti sudah ada laporan, kita lakukan pengembangan terkait masalah kalau ada keluarga yang hilang memang ada yang mengaku keluarga yang hilang tapi karena sekarang masih dalam proses penyelidikan harap dimaklumi. Ya kan supaya cepat terungkap," ujar dia.

Sebelumnya, bagian pemasaran wisata Grojogan Sewu, Eko Wiyono mengatakan, proses penyisiran dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Selang 1 jam, sekira pukul 09.00 WIB bagian tubuh lain berhasil ditemukan tim gabungan berjarak 300 meter dari temuan awal.

"Bagian tubuh yang ditemukan utuh, tapi tanpa kaki kanan. Sebagian tubuh rusak, jadi tidak bisa dikenali," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement