Rabu 01 Mar 2023 11:33 WIB

Dinilai Berhasil Tangani Sampah, Banyumas Boyong Dua Penghargaan Adipura

Banyumas telah meraih Piala Adipura sebanyak lima kali berturut-turut.

Piala Adipura
Foto: blogspot.com
Piala Adipura

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil memboyong dua penghargaan Adipura 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Capaian itu karena dinilai berhasil dalam mengelola dan menangani persoalan sampah di wilayah setempat.

Dua penghargaan berupa Plakat Adipura untuk TPS3R Terbaik dan Piala Adipura untuk kategori Kabupaten Sedang diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Banyumas Achmad Husein di Aula Manggala Wanabakti Gedung Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dalam keterangannya, Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku bersyukur karena Banyumas kembali meraih Piala Adipura dan Plakat Adipura.

"Semoga terus bisa dipertahankan dengan partisipasi masyarakat untuk kepedulian lingkungan agar Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas terus menjadi kota yang bersih dan sehat," kata dia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas Junaidi menyampaikan terima kasih kepada jajaran DLH termasuk 'pasukan oranye' (petugas kebersihan, red.) dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Menurut dia, penilaian Adipura melibatkan berbagai OPD karena sasaran penilaiannya antara lain lingkungan perkantoran, jalan, bank sampah, sekolah, pasar, stasiun, terminal, taman kota, dan hutan kota.

"Penilaian Adipura 2022 merupakan yang pertama kali diadakan lagi setelah pandemi Covid-19, dan penilaian kali ini berbeda dengan sebelumnya karena tim penilai dari provinsi datang dadakan," jelasnya.

Ia mengatakan di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Husein, Pemkab Banyumas telah meraih Piala Adipura sebanyak lima kali berturut-turut.

Selain TPS3R Purwokerto, kata dia, Plakat Adipura dari KLHK juga diberikan Taman Kota Tebet Eco Park Jakarta Selatan, Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung, dan TPS3R (TOSS) Semarapura Kabupaten Klungkung.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement