Jumat 03 Mar 2023 15:31 WIB

Rakernis Logistik Polri Bahas Persiapan Pengamanan Tahapan Pemilu 2024

Polri juga siap membantu pendistribusian surat suara ke daerah-daerah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan kepada media usai menutup Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Logistik Polri 2023 di The Alana Hotel, Sleman, Jumat, (3/3).
Foto: Febrianto Adi Saputro
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan kepada media usai menutup Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Logistik Polri 2023 di The Alana Hotel, Sleman, Jumat, (3/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Logistik Polri 2023, Jumat (3/3/2023). Listyo mengatakan salah satu yang dibahas dalam agenda rakernis adalah mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024 yang rangkaian tahapannya sudah berjalan di 2023 ini

"Tahun ini sudah masuk ke dalam tahapan pemilu di mana dinamikanya juga harus terus kita ikuti dan tentunya jajaran logistik sebagai fungsi pendukung untuk mempersiapkan sarana alutsista yang dimiliki itu betul-betul siap sehingga pada saat anggota melaksanakan tugas di lapangan semuanya dalam kondisi optimal," kata Listyo di Sleman.

Listyo menuturkan Polri juga menyiapkan personel untuk membantu pengamanan selama tahapan pemilu berlangsung, mulai dari pendaftaran, penetapan pasangan calon, kampanye, hingga pencoblosan. Bahkan dirinya menegaskan bahwa Polri siap membantu pendistribusian surat suara ke daerah-daerah.

"Utamanya wilayah-wilayah jauh yang butuh bantuan polisi agar logistik pemilu sampai, hal-hal seperti itu yang kita persiapkan," ujarnya.

Selain itu Listyo menyampaikanPolri juga mempersiapkan antisipasi apabila situasi dalam negeri memanas. "Walaupun kita selalu tekankan bahwa yang namanya polarisasi tidak boleh lagi ada namun Polri tetap harus siap," tegas dia.

Tak hanya soal pemilu, rakernis juga membahas sejumlah persiapan Polri jelang event internasional seperti keketuan Indonesia di ASEAN, Piala Dunia U-20, dan kegiatan olahraga internasional lainnya.

"Tentunya kita harus terus menyesuaikan dihadapkan juga dengan tugas-tugas tambahan, mengawal kebijakan pemerintah menghadapi situasi bencana alam baik hujan maupun kebakaran di mana Polri harus selalu tampil sebagai representasi dari negara yang langsung bisa melaksanakan langkah-langkah untuk membantu masyarakat yang terdampak, hal-hal seperti itu yang tadi saya tekankan dan kita minta untuk semuanya bisa dipersiapkan dengan baik," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement