Kamis 09 Mar 2023 17:36 WIB

Panen Meningkat, Petani Kendal Mampu Manfaatkan Bantuan Irigasi dari Gubernur

Lahan pertanian di desanya saat ini mampu digunakan untuk tiga kali masa tanam.

Lahan pertanian di Kendal, Jawa Tengah kini bisa mendapatkan pasokan air dengan maksimal.
Foto: Dok. Web
Lahan pertanian di Kendal, Jawa Tengah kini bisa mendapatkan pasokan air dengan maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Petani di Desa Donosari Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal akhirnya dapat menikmati panen yang melimpah dari hasil pertanian. Hal itu bisa didapatkan setelah desanya mendapat bantuan pembangunan jaringan irigasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bantuan Gubernur itu terdiri dari Jaringan Irigasi Desa (Jides) dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut). Total anggaran bantuan senilai Rp400 juta.

Baca Juga

Ketua Kelompok Tani Sido Rukun, Desa Donosari, Mugiyo mengatakan, bantuan jaringan irigasi dari Gubernur sangat bermanfaat bagi petani di desanya. Jaringan irigasi sepanjang 270 meter itu mampu mengairi lahan pertanian seluas 55 hektare. 

Kemudahan mendapatkan air irigasi, mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen di desanya.  "Setelah dapat bantuan, air irigasi menjadi lancar. Khususnya untuk 55 hektare sawah dengan sekitar 400 penggarap," katanya, Kamis (9/3/2023).

Ia mengatakan, dulu saat kondisi jaringan irigasi masih belum ada talud, air tidak bisa mengalir dengan lancar. Selain berpotensi gagal panen, juga mengakibatkan konflik di antara petani karena berebut air.

Agar bisa mendapat air irigasi, petani di desanya terpaksa menggunakan mesin pompa air. Satu hektare sawah, membutuhkan biaya sekitar Rp1,2 juta untuk membeli solar selama masa tanam.

"Sebelumnya petani rebutan air karena irigasinya masih tanah dan airnya lambat. Tapi sekarang kalau bahasa Jawanya, airnya turah-turah (melimpah-ruah). Kalau dulu iuran satu hektare Rp1,2 juta, kalau sekarang hanya Rp600 ribu, jadi mengurangi 50 persen biaya," paparnya.

Senada, Mintarjo, petani Desa Donosari menyampaikan bahwa berkat bantuan jaringan irigasi tersebut, hasil panennya meningkat. Yang semula hanya 5,1 ton per hektare, kini naik menjadi 7,2 ton padi per hektare.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan irigasi dari Pak Ganjar, hasil panennya lebih meningkat lebih memuaskan, hasil padi kami lebih berkualitas. Saya menggarap satu hektare dan hasilnya sekarang 7,2 ton. Dan kualitasnya sangat bagus," kata dia.

Lahan pertanian di desanya saat ini mampu digunakan untuk tiga kali masa tanam. Yakni, dua kali masa tanam padi, dan satu kali panen palawija.

"Debit airnya juga bisa diatur. Kalau waktu mau panen, airnya dikurangi supaya tidak merusak tanaman padi dan mengurangi kualitas," kata dia.

Menurutnya, Gubernur Jawa Tengah dua periode itu telah memberikan perhatian kepada para petani. "Pak Ganjar sudah memberikan perhatian kepada petani dan wong cilik," kata dia.

Sementara itu, Ganjar yang ditemui di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Rabu siang mengatakan, bantuan yang diberikan ke desa dapat dimanfaatkan kepala desa dan warganya sesuai kebutuhan.

"Maka ada jaringan jalan desa, Jides dan Jitut gitu ya ada yang dipakai untuk penanganan yang mendukung pertanian. Otoritas itu kita berikan kepada mereka dan lumayan bagus," kata Ganjar.

Dalam pelaksanaannya, bantuan Pemprov Jateng yang diberikan ke desa pun menunjukkan hasil yang baik dan mampu dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga.

Oleh sebab itu, Ganjar menyebutkan, anggaran bantuan yang disalurkan ke desa-desa pun terus bertambah setiap tahunnya.

"Kita bertambah terus (bantuannya) setiap tahun. Maka dana desa, bantuan kita ada, kabupaten kita ada, bahkan sekarang mau diturunkan lagi dari inves infrastruktur itu untuk membangun," ujar Ganjar.

"Maka Jides dan Jitut itu harapan kita juga akan lebih bisa membantu pelayanan infrastruktur yang ada di desa," sambung Ganjar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement