Selasa 21 Mar 2023 04:59 WIB

Sampul ‘Kanjuruhan, Duka Kita’ Koran Republika Raih Emas IPMA 2023

Republika terus memberikan inspirasi dan perubahan terhadap masyarakat.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Fernan Rahadi
Halaman muka Koran Republika edisi Senin 3 Oktober 2022 berjudul Kanjuruhan, Duka Kita.
Foto: Republika
Halaman muka Koran Republika edisi Senin 3 Oktober 2022 berjudul Kanjuruhan, Duka Kita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Halaman muka edisi tragedi di dunia sepak bola Indonesia yakni Tragedi Kanjuruhan milik Koran Republika edisi Senin (3/10/2022) meraih penghargaan. Republika menyabet emas untuk kategori sampul muka terbaik dari Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2023 yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada Senin (20/3/2023) malam.

"Ini penghargaan the best of national newspaper, terima kasih untuk SPS Awards, dan ini merupakan kerja bareng di tim redaksi Republika," kata Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji di Jakarta, Senin (20/3/2023) malam.

photo
Halaman muka Koran Republika edisi Senin 3 Oktober 2022 berjudul Kanjuruhan, Duka Kita. - (Republika)

 

Menurutnya, dua penghargaan gold yang diraih Republika di ajang ini menunjukkan Republika yang terus berinovasi untuk menciptakan konten-konten bermanfaat. Selain itu, dirinya juga menyebut jika Republika terus memberikan inspirasi dan perubahan terhadap masyarakat.

Ditanya Koran Republika yang telah tiada sejak akhir tahun lalu, dia tak menampiknya. Menurut Hasan, penghargaan sampul muka edisi Kanjuruhan ini memang penghargaan terakhir bagi sampul muka Republika. Namun demikian, konten, cover, hingga inovasi yang ada akan ditransformasi ke pemberitaan digital.

"Jadi hanya pindah platform saja," kata dia.

Diketahui, pada edisi ‘Kanjuruhan, Duka Kita’ Koran Republika menonjolkan berbagai tragedi di dunia sepak bola Indonesia yang meregang nyawa. Terutama, ratusan korban jiwa karena kerusuhan di Stadion Kanjuruhan. Dari edisi ini, Republika juga menekankan konten yang ada supaya dilakukan evaluasi menyeluruh. 

Kembali pada penghargaan SPS 2023, meski bukan yang pertama, Republika pada ajang ini juga menyabet kategori lainnya. Selain sampul muka, Republika didapuk penghargaan emas untuk Konten Sub Kategori Editorial Terbaik media cetak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement