Ahad 26 Mar 2023 05:19 WIB

Pembangunan Pasar Induk Among Tani Batu Capai 93 Persen

Pihaknya akan mengadakan lotere untuk menentukan lokasi bedak setiap pedagang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Situasi di Pasar Induk Among Tani Batu, Sabtu (25/3/2023).
Foto: Diskominfo Kota Batu
Situasi di Pasar Induk Among Tani Batu, Sabtu (25/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengatakan pembangunan Pasar Induk Among Tani Batu telah mencapai 93 persen. Hal ini diungkapkannya saat meninjau progres pembangunan Pasar Induk Among Tani Batu yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Perpres 80 tahun 2019, Sabtu (25/3/2023).

"Mohon doanya agar Pasar Induk Among Tani Batu bisa selesai 100 persen pada bulan Mei minggu ketiga. Dengan begitu, Pasar Induk Among Tani Batu bisa diresmikan oleh Presiden pada bulan Juni atau Juli," kata perempuan berhijab ini.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Bangun Yuliano. Dari progress 93 persen tersebut, bagian dalam pasar sudah selesai dibangun tinggal pengecatan dan finishing. Sementara itu, tinggal bagian luar dan landscaping dari pasar. 

Adapun Kepala Diskumperindag Kota Batu, Eko Suhartono menjelaskan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan pedagang pasar setiap zonasi. Dia tidak menampik persoalan masing-masing zonasi berbeda. Karena belum selesai, pihaknya pun menjalin komunikasi dengan perwakilan pedagang setiap zonasi untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

 

Setelah progress mendekati 100 persen dan nomer bedak sudah terbagi, Eko menjelaskan pihaknya akan mengadakan lotere untuk menentukan lokasi bedak setiap pedagang. Dia juga menekankan tidak ada penambahan pedagang yang memperoleh bedak saat ini.

Untuk diketahui, desain pasar induk ini dinilai akan sangat aman karena dilengkapi CCTV. Dengan begitu, memungkinkan interaksi antara pedagang dan pembeli dengan aman dan nyaman. Tidak hanya itu, desain pasar ini pun memudahkan akses dari segala sisi sehingga tidak ada bedak yang berada di area tidak strategis. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement