Selasa 28 Mar 2023 08:33 WIB

BI dan Perbankan Malang Layani Penukaran Uang di 109 Titik Lokasi

Uang yang disiapkan untuk momen penukaran ini berjumlah Rp 4,64 triliun.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah warga antre untuk menukarkan uang kertas baru di mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Malang, Jawa Timur (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Sejumlah warga antre untuk menukarkan uang kertas baru di mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Malang, Jawa Timur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang bekerja sama dengan perbankan akan membuka layanan penukaran uang kepada masyarakat mulai 27 Maret 2023 sampai 19 April 2023 di 109 titik lokasi. Titik-titik tersebut tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi menjelaskan, uang yang disiapkan untuk momen penukaran ini berjumlah Rp 4,64 triliun. Itu artinya jumlahnya naik 10,47 persen dari realisasi pada tahun sebelumnya. "Di 2022 sebesar Rp 4,20 triliun," kata Samsun.

Menurut Samsun, rincian Uang Pecahan Besar (UPB) pada tahun ini sebesar Rp 3,93 trriliun. Jumlah tersebut naik 8,5 persen dari realisasi tahun lalu  Rp 3,62 triliun. Adapun Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp 0,71 triliun atau naik 22,4 persen dari realisasi 2022 sebesar Rp 0,58 triliun.

Samsun mengungkapkan, proyeksi kenaikan itu mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kemudian juga pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi nontunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital. Adapun rencana layanan penukaran uang yang disiapkan oleh BI Malang pada tahun ini terdiri atas beberapa program.

Pertama, yakni layanan kas keliling di mana jadwalnya akan dipublikasikan melalui media sosial BI Malang. "Masyarakat yang akan melakukan penukaran melalui kas keliling diimbau melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR," ungkapnya.

Program lainnya, yaitu layanan penukaran bersama perbankan. Hal ini berarti BI bersama dengan delapan bank umum akan melaksanakan penukaran uang secaa bersama di Gedung Kartini pada 8 hingga 13 April 2023 dengan target 1.600 penukar setiap hari.

Penukaran akan menggunakan scan KTP di mana selama periode penukaran satu KTP hanya diperbolehkan melakukan penukaran sebanyak satu kali dengan nominal maksimal sebesar Rp 3,7 juta.

Selanjutnya, yakni layanan penukaran di outlet perbankan. Hal ini berarti penukaran melalui outlet perbankan akan dilayani oleh 31 bank dengan jumlah titik layanan sebanyak 109 outlet (bertambah 9 outlet dari tahun lalu). Titik-titik tersebut tersebar di seluruh wilayah kerja KPw BI Malang.

Menurut Samsun, layanan penukaran pada outlet perbankan berlangsung tanggal 10 hingga 19 April 2023 (hari kerja). "Dengan pembagian layanan 54 outlet pada 10 hingga 13 April 2023 dan 55 outlet pada 14 sampai 19 April 2023," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement