Rabu 29 Mar 2023 20:28 WIB

Seluruh Jalan di Sleman Ditarget Bebas Lubang Saat Arus Mudik

Perbaikan jalan kabupaten saat ini sedikit terkendala kondisi cuaca.

Pengendara menghindari jalan berlubang di Jalan Nyangkringan, Banyurejo, Sleman, DI Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengendara menghindari jalan berlubang di Jalan Nyangkringan, Banyurejo, Sleman, DI Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo, menargetkan seluruh jalan kabupaten di wilayah itu sudah zero hole atau bebas lubang pada arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Jalan-jalan rusak yang diperbaiki tersebut sebagai langkah kesiapan Sleman dalam menghadapi lebaran tahun ini. Kami targetkan jalan kabupaten sudah zero hole sebelum arus mudik berlangsung," kata Kustini di Sleman, Rabu (29/3/2023).

Menurut dia, di wilayah Sleman setidaknya terdapat 52 ruas jalan kabupaten yang berfungsi sebagai jalur alternatif maupun penyangga jalan nasional maupun provinsi. Sehingga perbaikan dilakukan agar bisa digunakan untuk mengatasi atau mengurai kemacetan arus lalu lintas selama arus mudik.

"Kami targetkan sampai 18 April tim terus melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan. Sejauh ini pemeliharaan jalan berlubang sudah hampir mendekati 70 persen," kata dia.

Diungkapkan, perbaikan jalan kabupaten saat ini sedikit terkendala kondisi cuaca yang masih sering turun hujan. "Namun kami akan memaksimalkan waktu yang ada untuk dikerjakan secara cepat dan kualitasnya baik," ujarnya.

Kustini juga meminta masyarakat memberikan laporan apabila ada ruas jalan di Sleman yang rusak agar segera dapat ditindaklanjuti dengan perbaikan.

"Kalau ada yang rusak bisa segera dilaporkan. Apabila jalan provinsi akan kami sampaikan ke dinas terkait. Kami terus berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum DIY agar jalan-jalan provinsi yang ada di Sleman untuk yang rusak bisa segera dilakukan perbaikan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement