Rabu 05 Apr 2023 11:38 WIB

Solo Tuan Rumah Acara Puncak Pekan Kreativitas Pemuda Nasional

Acara ini bakal diikuti sekitar 150 peserta dari seluruh penjuru Indonesia.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah (kiri), usai bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, di Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah (kiri), usai bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, di Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah mengungkapkan, acara puncak Pekan Kreativitas Pemuda Nasional Indonesia bakal berlangsung di Solo pada Agustus mendatang. Hal itu ia sampaikan usai mengunjungi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Solo, Rabu (05/04/2023).

Abdul menjelaskan pertemuan membahas soal penjajakan kegiatan tersebut di mana Solo dipilih sebagai tempat puncak acara. Ia menyebutkan acara tersebut direncanakan berlangsung selama sepekan pada Agustus mendatang.

“Penjajakan kegiatan di Kota Solo ini yang kita jadikan sebagai tempat puncak acara dari Pekan Kreativitas Pemuda Nasional Indonesia yang akan kita laksanakan Agustus. Nanti sekitar setelah 17 Agustus, kita akan mengadakan satu pekan," kata dia, Rabu (5/4/2023).

Setidaknya ada sekitar 150 peserta yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. "Pesertanya itu adalah dari seluruh provinsi, tiap-tiap provinsi membawa peserta pemuda-pemuda mereka dengan kreativitas masing-masing sehingga Pekan Kreativitas Pemuda ini isinya tentu dari kreativitas yang ada, fashion, kuliner, kriya, seni, dan lainnya,” jelasnya.

Faisal menilai pemilihan Solo lantaran dinilai sebagai kota yang patut dicontoh dari segi kreativitas. "Ada tujuh regional dan puncaknya di Solo. Kita melihat Kota Solo sebagai kota kreatif dan kepemimpinan di Solo lancar, baik, dan punya kreativitas-kreativitas yang mumpuni yang patut dicontoh oleh para pemuda,” ujar dia.

Kota Solo merupakan kota ketiga dari perhelatan Pekan Kreativitas Pemuda Nasional Indonesia. Di mana tahun-tahun sebelumnya telah diselenggarakan di Gorontalo dan Kalimantan.

Di sisi lain, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan untuk venue acara baru akan dicari oleh kadispora Solo. Ia juga menegaskan bahwa dirinya siap sebagai tuan rumah acara tersebut.

"Nanti dicarikan Bu Kadispora ada beberapa tempat, tunggu wae. Agustus ya. Teknisnya nanti ya yang jelas kita siap," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement