Rabu 12 Apr 2023 06:15 WIB

Polda DIY Siapkan Pengamanan Jelang Lebaran

Masih ada beberapa kasus yang terjadi, termasuk kejahatan jalanan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Lebaran
Foto: MGIT03
Ilustrasi Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Polda DIY melakukan persiapan terkait pengamanan jelang Lebaran maupun libur Lebaran 2023 nanti. Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo mengatakan, pengamanan akan dilakukan pada H-7 hingga H-7 Lebaran.

Pengamanan dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat DIY maupun masyarakat dari luar DIY menjelang maupun saat libur Lebaran. Suwondo menyebut bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya terkait kriminalitas sudah turun di DIY.

"Situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat, perbandingan dari Oktober-Desember 2022 dengan triwulan sebelumnya, angka kriminalitas turun 12,36 persen," kata Suwondo usai bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Komplek Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (11/4/2023).

Lebih lanjut, Suwondo menuturkan bahwa pada Januari hingga Maret 2023, angka kriminalitas di DIY kembali turun 36 persen. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keamanan di lingkungan masyarakat di DIY.

"Ini artinya, telah terjadi peningkatan keamanan dan peran serta masyarakat," ujar Suwondo.

Sementara itu, terkait dengan angka kecelakaan lalu lintas di DIY juga dikatakan mengalami penurunan. Menurut Suwondo, angka kecelakaan pada periode Oktober-Desember 2022 dibandingkan dengan Januari-Maret 2023 turun sebesar 18,48 persen.

Dengan begitu, kata dia, penurunan tersebut menunjukkan ketertiban masyarakat juga semakin meningkat. Untuk itu, Suwondo berharap kondisi tersebut dapat terus dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Bagi pengendara motor kami berharap selalu menggunakan helm walaupun jaraknya dekat atau hanya di sekitar lingkungan sendiri. Karena bagian yang vital itu tentu kepala, jadi kami imbau semua pihak untuk tetap menjaga diri dengan mengikuti tata tertib berlalu lintas," jelasnya.

Meski dilaporkan adanya penurunan angka kriminalitas di DIY, namun masih ada beberapa kasus yang terjadi, termasuk kejahatan jalanan. Seperti kejahatan jalanan (klitih) yang terjadi belum lama ini di kawasan Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta.

Polresta Yogyakarta juga menyebut bahwa angka kejahatan jalanan ini sudah menurun di Ramadhan ini. "Sementara itu turun, untuk Polresta Yogya laporan kriminal menurun, terutama kejahatan jalanan," kata Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharjo, Senin (10/4/2023).

Meski angka kejahatan jalanan ini turun, bukan berarti patroli dikendorkan. Timbul menyebut, pihaknya tetap menggencarkan patroli dalam rangka mengantisipasi dan mencegah kejahatan jalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement