Selasa 18 Apr 2023 21:56 WIB

Libur Lebaran, Patroli Satpol PP DIY Fokus di Destinasi Wisata

Baik itu di destinasi pantai, waduk, hingga destinasi gunung.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY, Noviar Rahmad.
Foto: Silvy Dian Setiawan/Republika
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY, Noviar Rahmad.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP  DIY bakal menggencarkankan patroli selama libur Lebaran 2023. Destinasi wisata menjadi fokus patroli pada libur Lebaran nanti.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad mengatakan, patroli di destinasi wisata dilakukan di 51 titik di DIY. Baik itu di destinasi pantai, waduk, hingga destinasi gunung.

"Juga ada fokus khusus di kawasan Pantai Baru dan Pantai Parangtritis," kata Noviar di kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (17/4/2023).

Noviar menyebut, selama masa arus mudik juga akan dilakukan patroli bersama dengan instansi terkait lainnya, seperti TNI/Polri dan dinas perhubungan. Pihaknya akan melakukan patroli selama 10 hari sejak 16-29 April.

Termasuk patroli di masyarakat yang dilakukan jelang Subuh dan malam hari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi kriminalitas yang dapat terjadi, seperti pencurian hingga kejahatan jalanan.

Total personel dari Satpol PP DIY yang dikerahkan dalam siaga menjelang hingga libur Lebaran mencapai 1.400 orang. "Kita siaga selama 10 hari tanggal 16 sampai 29 April selama 24 jam. Sebanyak 328 Satlinmas akan berjaga, ditambah 1.400 anggota Satpol PP se-DIY juga akan siaga," ujar Noviar.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY juga menyebut akan memaksimalkan patroli selama menjelang hingga Lebaran nanti. Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, pihaknya mengerahkan 103 personel dalam melakukan patroli ini.

Made menyebut, patroli dimaksimalkan di empat penjuru yakni utara, selatan, timur dan barat DIY, termasuk patroli di destinasi-destinasi wisata. Dengan begitu, kata Made, pelaporan kemacetan bisa cepat terakomodasi.

"Sistemnya sehari kita bergerak ada empat regu dengan 103 personil.  Dengan patroli, nanti kita lihat sikon (situasi kondisi) dengan teman-teman ditlantas, juga dengan teman-teman polres, polresta, dan jajarannya," kata Made.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement