Kamis 20 Apr 2023 01:18 WIB

Bulog Salurkan Bantuan Sembako ke 565.420 KPM Soloraya

Penyaluran bantuan pangan disalurkan secara bertahap.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Bulog Cabang Solo berhasil serap 11 ribu ton beras petani di Soloraya.
Foto: Dokumen
Bulog Cabang Solo berhasil serap 11 ribu ton beras petani di Soloraya.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO, -- Perum Bulog Kantor Cabang Solo telah merampungkan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah melalui Program Bantuan Pangan 2023 di area Soloraya. Penyaluran bantuan pangan ini meliputi Kota/Kabupaten Surakarta, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri dan Sragen.

Di wilayah Soloraya total bantuan yang disalurkan kepada sebanyak 565.420 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran bantuan pangan disalurkan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah dikoordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian masing-masing kota/kabupaten.

"Bantuan pangan ini disalurkan dari sembilan kompleks pergudangan yang dimiliki Bulog Cabang Solo," kata Andy Nugroho selaku Pimpinan Cabang Perum Bulog, Rabu (19/4/2023)

Dijelaskan, pihaknya telah merampungkan 100 persen penyaluran bantuan pangan alokasi pertama sebelum Hari Raya Idul Fitri dari target tiga alokasi yakni Maret hingga Mei 2023.

 

Selain melakukan penyaluran bantuan pangan, Perum Bulog Solo juga terus berkoordinasi terkait keberlanjutan pelaksanaan operasi pasar yang melibatkan di mana pemerintah daerah dalam program stabilisasi pasokan dan harga pangan "Mulai akhir Januari 2023 Bulog Solo telah melaksanakan operasi pasar/pasar murah lebih dari 130 titik di area Soloraya,” ujar dia.

Terlepas dari kegiatan penyaluran bantuan pangan dan operasi pasar, Perum Bulog Solo juga terus melakukan penyerapan gabah/beras. Hal tersebut sebagai bentuk upaya pemenuhan stok cadangan beras pemerintah.

"Sampai saat ini Perum Bulog Solo telah melakukan penyerapan gabah/beras dari para petani lokal dengan skema komersial maupun CBP kurang lebih 11 ribu ton," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement