Sabtu 22 Apr 2023 02:26 WIB

Pemudik Merupakan Potensi Mendongkrak Sektor Pariwisata Bantul

Dinas pariwisata berupaya melayani wisatawan seoptimal mungkin.

Pengunjung menikmati senja di Puncak Sosok, Bantul, DI Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengunjung menikmati senja di Puncak Sosok, Bantul, DI Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Para pemudik atau orang yang melakukan tradisi pulang kampung untuk merayakan Lebaran dinilai merupakan potensi yang perlu ditangkap oleh para pelaku wisata di wilayah Kabupaten Bantul, DIY.

"Pada libur selama tujuh hari dari 19 April sampai 25 April diperkirakan jutaan orang memasuki DIY termasuk Bantul untuk merayakan Lebaran. Para pemudik ini merupakan potensi yang harus ditangkap oleh para pelaku wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul.

Oleh karena itu, kata dia, Dinas Pariwisata bersama stakeholder pariwisata di antaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata, dan usaha jasa pariwisata, berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan akan menikmati Bantul.

"Kami berupaya melayani wisatawan seoptimal mungkin. kebersihan, keamanan, prosedur kesehatan sudah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan dengan harapan mereka nyaman berwisata di Bantul. Kami targetkan 150 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul selama libur Lebaran," kata dia.

 

Dikatakan, untuk menambah pelayanan dan kenyamanan wisatawan, Dinas Pariwisata akan menerjunkan para personel gabungan untuk membantu kelancaran di beberapa titik tempat pemungutan retribusi (TPR) masuk objek wisata.

Personel gabungan berasal dari Dinas Pariwisata dibantu dari Polsek, Polairud, Koramil, TNI AL, Polres, Dinas Perhubungan, tim pencarian dan pertolongan (SAR), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP )  akan bertugas pada hari Lebaran mulai 23 April sampai 1 Mei 2023.

"Juga diterjunkan ASN untuk monitoring dan membantu operasional selama libur Lebaran. Dimungkinkan juga ada bantuan dari berbagai komunitas atau kelompok masyarakat untuk memperlancar arus kendaraan wisatawan yang menuju destinasi wisata," ujarnya.

Kwintarto menegaskan, personel yang diterjunkan akan disebar ke beberapa lokasi, yaitu sebanyak 76 personel pada 23, 24, 25 dan 29, 30 April di TPR Induk Parangtritis, TPR Depok, TPR Samas, TPR Pantai Gua Cemara, TPR Pantai Kuwaru, TPR Pandansimo, TPR Gua Selarong, dan TPR Gua Cerme.

Kemudian pada 26, 27 dan 28 April sebanyak 68 personel untuk disebar di TPR Induk Pantai Parangtritis, TPR Depok Parangtritis, TPR Samas, TPR Gua Cemara, TPR Kuwaru, dan TPR Pandansimo.

Sedangkan pada 1 Mei 2023 sebanyak 76 personel disebar di TPR Induk Parangtritis, TPR Depok Parangtritis, TPR Samas, TPR Gua Cemara, TPR Kuwaru, TPR Pandansimo, TPR Gua Selarong dan TPR Gua Cerme.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement