Senin 24 Apr 2023 07:16 WIB

Kunjungan Melonjak, Pemkot Surabaya Siagakan Personel di Tempat Wisata

Pengelola pariwisata juga diminta mengutamakan keamanan dan keselamatan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Para pengunjung bermain wisata olahraga air di pesisir Romokalisari Adventure Park, Surabaya.
Foto: Antaranews
Para pengunjung bermain wisata olahraga air di pesisir Romokalisari Adventure Park, Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerjunkan jajaran Satpol PP dan BPBD untuk bersiaga di sejumlah destinasi wisata. Apalagi, kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Surabaya mengalami peningkatan saat libur Lebaran Idul Fitri 1444 H.

Mulai dari wisata Romokalisari Adventure Land, taman kota, Alun-Alun Suroboyo, Tempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, wisata Mangrove Wonorejo, hingga Kebun Binatang Surabaya (KBS).

"Seperti di Romokalisari Adventure itu kan sudah naik jumlah kunjungannya, agar keselamatan dan keamanan terjamin, Satpol PP, BPBD itu ada di sana (tempat-tempat wisata) semuanya," kata Eri, Ahad (23/4/2023).

Eri pun mengimbau masyarakat yang berwisata di Surabaya untuk melakukan pengawasan terhadap putra dan putrinya, agar tidak ada kasus orang tua yang kehilangan anaknya. Meskipun wisata di Surabaya sudah terjamin keamanannya, ia mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lengah dan mawas diri.

"Terutama kalau sedang berlibur di Romokalisari itu kan ada perahunya, nah maka dari itu kami minta untuk berhati-hati," ujar Eri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan, sebelum libur Lebaran, telah berkoordinasi dengan pengelola pariwisata di Surabaya untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan sarana prasarana wisatanya. Wiwiek pun mengaku telah melakukan pengecekan di tempat-tempat wisata yang ada di Surabaya.

"Pada intinya, kami dari pemkot telah mengimbau kepada seluruh pengelola tempat-tempat wisata di Surabaya untuk menjaga keselamatan dan keamanannya selama libur Lebaran," kata Wiwiek.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce memastikan, pihaknya juga fokus melakukan pengamanan di sejumlah tempat wisata dan pusat perbelanjaan, di sisa libur Lebaran. Royce mangatakan, pihaknya juga bakal gencar melaksanakan patroli gabungan bersama tiga pilar, utamanya dalam menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, mari bersama sama tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif di Kota Surabaya yang tercinta ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement