Senin 22 May 2023 11:45 WIB

Daop 8 Surabaya Tambah Dua Rute Baru KA ke Jakarta, Cek Jadwalnya

Rute baru perjalanan KA jarak jauh itu berlaku mulai 1 Juni.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Penumpang turun dari kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Penumpang turun dari kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID SURABAYA -- KAI Daop 8 Surabaya bakal mengoperasikan dua rute baru perjalanan kereta api jarak jauh saat diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, tepatnya mulai 1 Juni 2023. Dua rute baru yang dimaksud adalah KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember-Surabaya-Gambir (PP).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, untuk kelas pelayanannya, KA Argo Semeru terdiri dari sembilan kereta eksekutif dengan jam keberangkatan pukul 09.05 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng. Kereta tersebut tiba di Stasiun Gambir pada pukul 19.40 WIB dan beroperasi setiap hari.

"Sedang KA Pandalungan, pada tahap awal akan beroperasi pada akhir pekan, jadwal dari Surabaya Pasarturi tujuan Gambir dengan jam keberangkatan pukul 19.05 WIB dan dari Surabaya Pasarturi tujuan Jember dengan jam keberangkatan pukul 06.48 WIB," kata Luqman, Senin (22/5/2023).

Ia menambahkan, KA Argo Semeru memiliki kapasitas maksimal sebanyak 450 penumpang. Sedang KA Pandalungan terdiri dari delapan kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 400 penumpang.

"Pengoperasian dua KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," ujarnya.

Luqman melanjutkan, untuk menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru seharga Rp 250 ribu dan KA Pandalungan seharga Rp 300 ribu. Tarif promo ini berlangsung pada Juni 2023.

"Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement