Selasa 06 Jun 2023 20:45 WIB

Siap-Siap, BMKG Prediksi Curah Hujan Sebagian Wilayah Indonesia Abnormal

Sebagian wilayah Indonesia hanya menerima curah hujan sebesar 30 persen.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas meunjukkan citra satelit cuaca di kantor Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG)  ilustrasi
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Petugas meunjukkan citra satelit cuaca di kantor Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BMKG dan beberapa Pusat Iklim Dunia memprediksi kondisi Indian Ocean Dipole (IOD) positif hingga akhir 2023. Keadaan itu, kata dia, terjadi bersamaan dengan intensitas El Nino semakin menguat pada periode ini.

 

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, El Nino yang terjadi dikontrol oleh suhu muka air laut di Samudra Pasifik. Sedangkan IOD positif dikontrol oleh suhu muka air laut di wilayah Samudra Hindia.

“Keduanya terjadi bersamaan, dan diprediksi pada semester dua ini berdampak pada berkurangnya curah hujan di sebagian wilayah. Bahkan, sebagian wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami curah hujan dengan kategori di bawah normal, atau lebih kering dari kondisi normalnya,” kata Dwikorita dalam konferensi pers daring, di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Mengacu pada review peta kondisi Indonesia yang memiliki kejadian serupa pada 2019, kata dia, kondisi saat ini kian meluas. Menurut dia, pada Juli-September 2019 paling sedikit di sebagian wilayah Indonesia hanya menerima curah hujan sebesar 30 persen.

“Padahal, kalau normal itu lebih dari 95 persen sampai seratus sekian persen,” kata dia. Khusus untuk prakiraan di Juli-September 2023 ini, kejadian sifat hujan serupa terjadi sebagian besar wilayah Jawa, NTT, Sumatra dengan intensitas 0-20 persen.

Bahkan, dia menyebut hal itu sudah nampak pada Juni 2023 ini. Ia menjelaskan, pada Juli, kondisi kering atau curah hujan di bawah 100 mm per bulan, terjadi di Jawa, lalu sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Sedangkan pada Agustus, BMKG memperkirakan kekeringan meluas dan hampir merata ke seluruh wilayah Indonesia dengan intensitas serupa hingga September dan Oktober. “Pengurangan baru terjadi di November. Jadi mulai melemah di Oktober-November. Tapi puncak rendahnya hujan di Agustus dan September,” ujarnya.

Khusus untuk sebagian Aceh, Lampung, Banten, Jawa, hingga NTT, kondisi sudah mengering dengan intensitas hujan 100mm per bulan pada Juni ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement