Jumat 09 Jun 2023 18:09 WIB

Hadir di Yogyakarta, One Pride Hadirkan Petarung Asal India

Tujuan menghadirkan petarung India adalah memberi pengalaman pada para fighter lokal.

Acara Konferensi Pers One Pride 69 Jogja Istimewa di Hotel UNY, Yogyakarta, Jumat (9/6/2023).
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Acara Konferensi Pers One Pride 69 Jogja Istimewa di Hotel UNY, Yogyakarta, Jumat (9/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- One Pride MMA untuk pertama kalinya akan mengunjungi Kota Yogyakarta. Program yang disiarkan stasiun televisi ANTV tersebut tepatnya akan ditampilkan di GOR UNY Yogyakarta, Sabtu (10/6/2023) pada acara One Pride MMA FN 69 Jogja Istimewa.

Pada event nanti One Pride MMA untuk pertama kalinya menghadirkan petarung internasional di luar Jakarta. Ia adalah Govind, petarung asal India yang akan melawan petarung Indonesia, Rama. Sedangkan petarung lain adalah perebutan dua title fight antara Angga versus Hanwa dan Dwi Retno versus Anggie.

Ketua Umum Komite Olahraga Bela Diri Indonesia (KOBI) & Presiden Komisaris ANTV, Ardi Bakrie mengatakan tujuannya menghadirkan petarung asal India adalah memberikan pengalaman kepada para fighter lokal. "Dengan menghadirkan petarung dari India di One Pride MMA, diharapkan dapat menjadi pembuktian bahwa para fighter lokal mampu bersaing dengan fighter luar negeri," kata Ardi dalam konferensi pers di Yogyakarta, Jumat (9/6/2023).

Ia juga berharap pertandingan tersebut menjadi salah satu match yang ditunggu dan dapat menarik minat masyarakat, sejalan dengan visi dan misi KOBI untuk memasyarakatkan dan mengembangkan olahraga MMA di Indonesia. "Juga membawa harum nama Indonesia di kelas dunia," katanya.

 

Wakil Ketua Umum KOBI, Taufan Eko Nugroho, mengatakan dipilihnya Yogyakarta sebagai penyelenggara One Pride MMA dikarenakan animo masyarakat yang tinggi terhadap ajang ini. "Harusnya kami menggelarnya bulan Mei lalu bersamaan dengan HUT Kabupaten Sleman, namun ada kendala. Awalnya, pagelaran ditunda menjadi tahun depan, namun karena adanya dukungan kami jadi semangat dan memutuskan menggelarnya bulan ini," kata Taufan.

Chief Program & Communication Officer ANTV, Kiki Zulkarnain, mengatakan kehadiran One Pride di luar kota Jakarta adalah momentum besar untuk One Pride MMA dapat dikenal lebih luas di seluruh Indonesia. "Selama ini kami mengadakan One Pride MMA Fight Night di Jakarta dan pernah sekali mengunjungi kota Solo dan kami memilih Yogyakarta sebagai kota selanjutnya yang kami singgahi. Kami harap dengan kedatangan One Pride MMA ke Yogyakarta dapat meningkatkan minat calon-calon fighter daerah di masa depan serta lebih mengenalkan program One Pride MMA ke masyarakat kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tunggu kedatangan ANTV dan One Pride MMA di kota selanjutnya," ungkap Kiki.

Pada event besok, Intan Saumadina akan hadir menjadi host di studio serta Mustadi sebagai komentator dan Ananda Mattalitti sebagai Play by Play. Sebelum memulai pertandingan One Pride MMA Fight Night 69 Jogja Istimewa, pemirsa akan dihibur dengan penampilan spesial dari Jogja Hip Hop Foundation. 

Pertarungan spesial Flyweight International fight akan dihadapi oleh Rama Supandhi 'Hell Boy' asal Indonesia melawan Govind Singh 'The Mountain Boy' asal India. Rama merupakan petarung dari Warrior Fight Camp yang pernah berlaga di Road to UFC. Rama yang menempati posisi ke-15 dari 221 petarung Asia Southeast Pro Flyyweights ini, memiliki rekor kemenangan sebanyak delapan kali. Rama siap menyabet juara mengalahkan Govind, petarung asal India dari KOI Combat Academy. Dengan latar belakang boxing, Govind memiliki rekor kemenangan sebanyak enam kali.

Selain pertandingan Internasional, warga Yogyakarta juga akan menyaksikan secara langsung pertandingan perebutan kelas Lightweight Title Fight antara Angga 'The Hitman' asal Surakarta melawan Hanwa 'The Smooth' asal Kotamobagu. Angga yang berhasil mempertahankan gelar juara kelas Lightweight sebelumnya dalam One Pride yang diadakan di Solo, kali ini siap menghadapi Hanwa dengan basic olahraga Muay Thai yang dimilikinya. 

Pertandingan selanjutnya yang tidak kalah menarik antara dua wanita tangguh yang akan memperebutkan sabuk juara kategori Women Strawweight Title Fight yaitu Dwi Retno 'The Reef' asal Rembang melawan Anggie Mandagie 'Harley Quinn' asal Sulawesi Utara. Dwi yang telah mengantongi gelar kemenangan sebanyak empat kali siap menghadapi Anggie dengan rekor tiga kali kemenangan.

Sebelum menikmati pertandingan One Pride 69 Jogja Istimewa secara live di GOR UNY maupun di siaran ANTV, warga Yogyakarta juga dapat menikmati dan mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan pada tanggal 9-10 Juni 2023 di area GOR UNY. Beberapa kegiatan tersebut antara lain Lomba Mural Antar SMA, E-Sport Competition, Jogja Gelut Day, Talkshow Kewirausahaan, Pameran UMKM, dan Festival Musik antar SMA. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement