Sabtu 10 Jun 2023 09:53 WIB

Siapkan Perpustakan Futuristik di Kendal, Gubernur Dorong Anak Muda Serap Literasi

Para muda-mudi juga diminta mampu berkreasi.

Ruang podcast menjadi salah satu fasilitas di Perpustakaan Daerah Kendal yang dijuluki The Light Library di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal, Kendal, Jateng.
Foto: Dok. HPJT
Ruang podcast menjadi salah satu fasilitas di Perpustakaan Daerah Kendal yang dijuluki The Light Library di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal, Kendal, Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo telah menyiapkan Perpustakaan Daerah Kendal futuristik yang dijuluki ‘The Light Library’ di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal, Kendal, Jateng. Perpustakaan yang dibangun dengan anggaran senilai Rp 9,35 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 itu memiliki berbagai fasilitas yang cocok bagi anak muda dan generasi Z dalam menyerap literasi.

Perpustakaan ini dilengkapi fasilitas futuristik seperti ruang pameran, ruang podcast, ruang baca digital, ruang audio visual, ruang diskusi, hingga kafe.

Baca Juga

“Ini saya kira salah satu contoh yang bagus ya. Kalau kita ingin meningkatkan literasi, infrastrukturnya bagus, tadi fasilitasnya bagus sehingga akan menyedot orang untuk datang,” kata Ganjar, seperti dilansir pada Jumat (9/6/2023). 

Di samping menyerap literasi, Ganjar menyebut perpustakaan ini juga dapat difungsikan anak-anak muda apabila ingin membuat event atau lomba. Seperti lomba menulis dan me-review buku.

Selain itu, kata Ganjar, fasilitas-fasilitas terdebut juga dapat digunakan anak muda dalam menciptakan karya. Seperti untuk mereka yang menggiatkan musik, pembuatan film, hingga anak-anak indie.

“Nongkrong pun diajak untuk meningkatkan literasi. Ini nongkrongnya tentang literasi digital umpama, dia mau bahas soal etika bermedsos umpama, nah ini kita sediakan sehingga literasi kita tambah bagus,” kata Ganjar.

Rencanannya, Perpustakaan Daerah Kendal segera dibuka pada tahun ini. Kini pembangunannya sedang dalam tahap menyelesaikan penataan fasilitas di bagian interior dan beberspa eksterior.

Perpustakaan Daerah Kendal merupakan salah satu bentuk komitmen Ganjar untuk melibatkan anak muda dalam setiap bentuk inovasi. Terbaru, Ganjar menyatakan siap mendukung pengembangan riset kendaraan hemat energi yang diinisiasi anak muda dengan pelibatan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement