Sabtu 10 Jun 2023 19:30 WIB

Puan Ungkap Soal Pencairan Bonus Atlet APG, Beda dengan SEA Games?

Ia berharap kebutuhan atlet APG dari segi pelatihan, pendidikan, dan gizi terpenuhi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Puan Maharani
Foto: Republika/Alfian
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan bonus untuk atlet ASEAN Para Games (APG) yang meraih medali akan segera cair. Bonus tersebut juga tidak akan dibedakan dengan atlet SEA Games 2023

Diketahui, bonus atlet APG peraih medali emas sebesar Rp 525 juta, peraih medali perak sebesar Rp 315 juta, serta Rp 157,5 juta untuk peraih medali perunggu.

"Anggarannya (bonus) sudah dipersiapkan dan tidak ada kendala. Saya sebagai Ketua DPR RI mendorong supaya bonus ini segera diberikan pada atlet-atlet yang telah memberikan nama harum bangsa Indonesia," katanya usai menyambut kedatangan atlet APG ke tanah air di bandara Adi Soemarmo, Sabtu (10/6/2023). .

Ia juga mengungkapkan telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai bonus tersebut. "Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya sempat bertemu dengan Presiden Jokowi. Pemerintah sudah menyiapkan bonus sama seperti atlet-atlet SEA Games. Jadi tidak dibedakan antara APG dengan SEA Games. Semua sama dan segera diberikan pada waktunya," katanya.

Puan juga mengapresiasi kedatangan atlet yang telah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa. Ia berharap agar kebutuhan atlet APG dari segi pelatihan, pendidikan, kesehatan, gizi dapat terus terpenuhi agar mereka tetap berprestasi. 

"Saya mengucapkan selamat untuk seluruh atlet APG 2023 dalam prestasinya ke depan semoga mereka menjadi atlet yang terus membawa nama harum Indonesia. Harapannya bagaimana pelatihan, pendidikan, kesehatan kemudian gizi mereka tetap bisa diperhatikan sehingga tetap bisa menjalankan pelatihan dan kembali berprestasi di ajang nasional maupun internasional," katanya mengakhiri. 

Seperti diketahui kontingen Indonesia kembali menjadi juara umum di APG Kamboja. Indonesia mengantongi 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu. Torehan itu unggul jauh dari Thailand di posisi runner-up dengan 126 emas, 109 perak dan 92 perunggu. Disusul Vietnam dengan 66 emas, 58 perak dan 77 perunggu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement