Rabu 14 Jun 2023 05:45 WIB

Teliti Kepemimpinan AR Fachruddin, Ketua PWM DIY Raih Gelar Doktor

Ia merupakan doktor ke-181 yang diluluskan oleh UMY.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
 Muhammad Ikhwan Ahada saat menjalani Ujian Disertasi Terbuka Promosi Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam bidang Psikologi Kepemimpinan Islam di Gedung Pascasarjana UMY.
Foto: Dokumen
Muhammad Ikhwan Ahada saat menjalani Ujian Disertasi Terbuka Promosi Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam bidang Psikologi Kepemimpinan Islam di Gedung Pascasarjana UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Muhammad Ikhwan Ahada, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY), menjalani Ujian Disertasi Terbuka Promosi Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam bidang Psikologi Kepemimpinan Islam di Gedung Pascasarjana UMY.

Disertasi Ikhwan berjudul Oase Kepemimpinan KH AR Fachruddin sebagai Servant Leader (Analisis Psikologi Kepemimpinan). Dalam disertasi ini, Ikhwan memilih topik penelitian tentang kepemimpinan AR Fachruddin karena dikenal dengan karakternya yang luar biasa.

"Pak AR merupakan pemimpin Muhammadiyah terlama, terkenal dengan kesederhanaan dan kesahajaannya," kata Ikhwan saat ditanya tentang alasan memilih kepemimpinan Pak AR sebagai objek penelitian.

Adapun servant leaders yang diangkat merupakan teori Greenleaf (1990) yang menjelaskan tentang kepemimpinan etis. "Servant leaders memiliki karakteristik mendengarkan, menerima orang lain dan empati, kemampuan memprediksi, persuasif, konseptualisasi,  memperbaiki, melayani, komitmen pertumbuhan manusia, membangun komunitas," kata dia.

Secara sederhana, servant leader adalah pemimpin yang melayani anggota organisasi maupun pengikutnya. "Servant leader secara bahasa berarti seorang pemimpin yang melayani, sekaligus mampu meredakan kecemasan anggota dan organisasi yang dilayaninya," ujar Ikhwan.

Selain menggunakan analisis Greenleaf, Ikhwan juga menganalisis kepemimpinan Pak AR menggunakan perspektif Maxwell tentang Level Kepemimpinan. "Fase pertama, yaitu jabatan saat Pak AR menjabat sebagai ketua PDM Kota Yogyakarta. Selanjutnya, perkenanan saat beliau terpilih menjadi ketua umum PP Muhammadiyah menggantikan KH Faqih Usman yang wafat," ujarnya.

Lalu fase produktivitas dapat ditinjau dari banyaknya produk tulisan maupun orasi melalui RRI dan TVRI. Fase keempat adalah mengembangkan orang lain yang dilakukan Pak AR dengan memberdayakan kader-kader Muhammadiyah untuk mengembangkan Muhammadiyah di penjuru negeri. "Fase kelima, puncak, di mana Pak AR mengundurkan diri sebagai ketua PP Muhammadiyah," katanya.

Menurut Ikhwan, karakter Pak AR ini lahir karena penanaman sikap seorang abdi dan bangsawan di lingkungan Puro Pakualaman, penanaman nilai-nilai Islam dari kitab-kitab rujukan primer Islam, serta budaya Jawa yang adiluhung.

Pada kesimpulan, Pak AR memenuhi karakter kepemimpinan berdasarkan Greenleaf, Maxwell, bahkan Kuntowijoyo. Ikhwan berpendapat Pak AR memiliki karakter Post Servant Leader.

"Karena Pak AR merupakan pemimpin Muhammadiyah terlama, terkenal dengan kesederhanaan dan kesahajaannya. Seorang pemimpin yang melayani, sekaligus mampu meredakan kecemasan anggota dan organisasi yang dilayaninya," kata Ikhwan.

Meski begitu, bukan berarti Pak AR tanpa kelemahan dan kekurangan. "Dalam ranah pembimbingan pemimpin penerus inilah kelemahan KH AR Fachruddin sangat terlihat, yaitu tidak melahirkan generasi pemimpin Muhammadiyah yang mendekati atau bahkan menyamai kualitas kepemimpinan beliau," jelasnya.

Melalui disertasi ini, Muhammad Ikhwan Ahada dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan mendapatkan gelar Doktor Psikologi Pendidikan Islam. Ia merupakan doktor ke-181 yang diluluskan oleh UMY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement