Rabu 14 Jun 2023 14:27 WIB

Kaesang Dapat Restu Jokowi, Gibran: Sana Blusukan di Depok

Menurut Gibran, restu tidak berasal dari Jokowi melainkan dari rakyat setempat

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Puro Mangkunegaran, Sabtu (21/1/2023).
Foto: Republika/Alfian
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Puro Mangkunegaran, Sabtu (21/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memberi tanggapan seusai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan restu kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk maju menjadi Depok 1. 

Menurut Gibran, restu bukan berasal dari Jokowi, melainkan dari rakyat setempat yang berada di Depok.

"Yo wis, yo wis (ya sudah, ya sudah kalau mendapat restu Jokowi). Yang merestui itu warga ya, bukan Pak Jokowi, bukan ini itu, yang merestui itu warga," kata Gibran ketika ditemui di Loji Gandrung, Rabu (14/6/2023). 

Ditanya apakah berarti Gibran mendorong Kaesang untuk meminta restu warga Depok, ia malah mengungkapkan agar Kaesang blusukan ke Depok agar mengetahui apakah dirinya diterima apa tidak. 

"Yono kono blusukan nak Depok kono yo (ya sana blusukan di Depok sana) diterima apa enggak, kuncinya kan itu," katanya. 

Disinggung soal Kaesang yang sudah dewasa berhak menentukan sendiri, Gibran meminta untuk menanyakan hal tersebut kepada Kaesang. "Takon (tanya) Kaesang ya, mau beda partai, beda wilayah, silakan, monggo," katanya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya terkait putranya, Kaesang Pangarep, yang siap mencalonkan diri sebagai wali kota Depok. Jokowi mengatakan, sebagai orang tua tentunya merestui dan mendoakan rencana Kaesang tersebut.

"Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan," kata Jokowi saat ditemui di gedung BPKP, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Jokowi menyampaikan, saat ini Kaesang sudah memiliki keluarga sendiri. Sehingga Kaesang memiliki tanggung jawab atas pilihannya tersebut.

"Saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga. Itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka,” ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement