Senin 19 Jun 2023 08:39 WIB

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Sleman dan Kulonprogo Berpotensi Hujan

Diperkirakan hujan terjadi pada siang hingga sore hari dengan intensitas ringan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca (ilustrasi).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memperkirakan adanya potensi hujan di sebagian wilayah DIY pada Senin (19/6/2023) ini. Potensi hujan diprediksi terjadi di sebagian Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo.

"Potensi hujan ringan di Sleman bagian utara dan Kulon Progo bagian utara," kata Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, Senin (19/6/2023).

Warjono menyebut, hujan diperkirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari dengan intensitas ringan. Sedangkan pada paginya diperkirakan tidak terjadi hujan, namun cerah berawan. "Pada malam hari berawan," ujar Warjono.

Sedangkan, suhu udara pada Senin (19/6/2023) ini diperkirakan berkisar antara 21-32 derajat Celcius, dan kelembaban udara mencapai 64-95 persen.

Lebih lanjut, dijelaskanangin bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum 28 kilometer per jam. Pihaknya pun memperkirakan adanya potensi tingginya gelombang laut di perairan selatan DIY.

Untuk itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai gelombang tinggi ini. "Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5-4 meter atau masuk dalam kategori tinggi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement