Selasa 20 Jun 2023 08:40 WIB

Universitas Brawijaya Malang Bakal Kukuhkan Empat Profesor Pekan Ini

Proses pengukuhan secara resmi dilaksanakan Senin dan Selasa (19-20/6/2023).

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Brawijaya (UB) Malang.
Foto: humas UB
Universitas Brawijaya (UB) Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya (UB) Malang akan mengukuhkan empat profesor baru pada pekan ini. Proses pengukuhan secara resmi dilaksanakan pada Senin (19/6/2023) dan Selasa (20/6/2023).

Khusus pada Senin (19/6/2023), UB mengukuhkan profesor pertama di bidang Ilmu Hubungan Masyarakat pertama dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yaitu Prof Rachmat Kriyantono.  Kemudian dalam waktu bersamaan dikukuhkan Prof Surjono dari Fakultas Teknik (FT) untuk bidang Ilmu Perencanaan Kota.

Rachmat Kriyantono akan dikukuhkan sebagai profesor aktif kedua di FISIP. Kemudian juga menjadi profesor aktif ke-166 di UB. Lalu tercatat menjadi profesor ke-312 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan oleh UB.

Sementara itu, Surjono akan dikukuhkan sebagai profesor aktif ke-16 di FT. Kemudian juga menjadi profesor aktif ke-167 di UB. Lalu tercatat menjadi profesor ke-313 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan oleh UB selama ini.

Pada pengukuhan, Rachmat dalam orasi ilmiahnya memaparkan penelitiannya tentang Penerapan Model Excellence Plus pada Humas Pemerintah. Model itu bermanfaat mengembangkan praktik humas pemerintah agar bisa melaksanakan fungsinya sebagai penanggung jawab sistem komunikasi lembaga. Terutama dalam menunjang pelayanan publik di era digital.

Sementara itu, Prof Surjono dalam disertasinya berjudul Perencanaan Kota Paripurna (PKP) Berbasis Wise City akan memaparkan perencanaan kota dari yang sifatnya teknokratis menuju kota paripurna yang arif. "Dengan kata lain, yang menyeimbangkan aspek material dan spiritual," jelas Surjono.

Adapun kegiatan pengukuhan pada Selasa (20/6/2023) akan ditujukan kepada Prof Abdullah Said. Ia akan ditetapkan sebagai profesor bidang Ilmu Perencanaan Pembangunan pada Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). Kemudian juga Prof Ananda Sabil Hussein sebagai profesor dalam bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Sebagai catatan, Abdullah Said akan menjadi profesor aktif ke-13 di FIA. Kemudian juga akan menjadi profesor aktif ke-168 di UB. Lalu juga tercatat menjadi profesor ke-314 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan oleh UB.

Sementara itu, Prof Ananda Sabil Hussein bakal menjadi profesor aktif ke-21 di FEB. Kemudian juga menjadi profesor aktif ke-169 di UB. Selanjutnya , juga menjadi profesor ke-315 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan oleh UB.

Pada proses pengukuhan nanti, Abdullah Said akan menyampaikan pidato berjudul Model Perencanaan Pembangunan Berbasis Pertukaran Ekonomi dan Sosial Guna Meningkatkan Kesadaran Partisipasi Masyarakat.

Adapun Ananda Sabil akan membacakan pidato pengukuhan yang berjudul Experiential Relationship Quality Plus (ExRQ+) Model sebagai Strategi Peningkatan Loyalitas Wisatawan menuju Tujuan Wisata Berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement