Selasa 20 Jun 2023 22:43 WIB

Rangkul Para Perempuan Milenial, Srikandi Jogja Gelar Pelatihan Ragam Teknik Melukis

Watercolour adalah salah satu teknik melukis menggunakan cat air.

Workshop watercolour painting di Kedai Kolega, Kelurahan Gedongkuning, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY.
Foto: Dok. Web
Workshop watercolour painting di Kedai Kolega, Kelurahan Gedongkuning, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pelatihan melukis di atas kertas bersama para perempuan milenial diikuti dengan antusias di Yogyakarta. Dilansir dari Kantor Berita Antara, Selasa (20/6/2023), Korwil Srikandi Ganjar DIY Herawati mengatakan, mereka mengadakan workshop watercolour painting di Kedai Kolega, Kelurahan Gedongkuning, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY. 

"Dalam kegiatan ini kami memberikan edukasi mengenai cara melukis dengan indah kepada perempuan milenial," ujar dia. 

Baca Juga

Dia menuturkan watercolour adalah salah satu teknik melukis menggunakan cat air di atas kertas khusus sehingga gambar yang dihasilkan memberikan warna yang terkesan lebih lembut.

"Beberapa teknik yang digunakan yaitu dry on dry, teknik ini digunakan untuk menimbulkan tekstur warna kasar dan tidak membaur," ujar dia.

Kemudian ada teknik wet on dry. Teknik ini tidak memerlukan banyak air dan menggunakan kuas yang sangat kecil untuk menegaskan detail.

"Lalu wet on wet, teknik ini guna menghasilkan warna yang menyebar. Lalu, gradien, teknik ini memulainya dari warna paling terang hingga akhirnya kepekatan warna makin berkurang dan nampak lebih muda," kata dia.

Herawati mengatakan, selain diberikan edukasi dari pematerinya, peserta juga diberikan alat dan perlengkapan untuk dipraktikan.

Salah satu peserta pelatihan, Vamela mengaku sangat senang bisa ikut dalam workshop tersebut. "Ini sangat bermanfaat bagi kami para perempuan milenial. Dengan kegiatan ini kami bisa menerima pengetahuan baru dan bersilaturahmi," ujar dia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement