Selasa 20 Jun 2023 20:42 WIB

Jalur SNBT Unair Terima 2.672 Mahasiswa Baru Tahun Ini

Para calon mahasiswa baru agar segera bersiap melakukan daftar ulang.

Lambang kampus Universitas Airlangga Surabaya.
Foto: istimewa
Lambang kampus Universitas Airlangga Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 2.672 mahasiswa baru dari total 34.159 pendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan, dari jumlah tersebut, 555 di antaranya merupakan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Alhamdulillah, tahun ini kami dipercaya sebanyak 34.159 calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Unair. Tentu ini adalah angka yang sangat tinggi. Namun, sayangnya kami hanya bisa menerima 2.672 dari total pendaftar tersebut," kata Nasih.

Nasih menuturkan nilai rata-rata mahasiswa baru Unair jalur SNBT mencapai 648.92. Skor tersebut membawa Unair menduduki posisi lima besar nilai rata-rata UTBK nasional.

"Selain itu, tidak kalah penting, terkait skor UTBK. Alhamdulillah, rata-rata kita nomor lima secara nasional dengan skor 648.92," ujarnya.

Nasih menyebutkan beberapa program studi rumpun saintek (sains dan teknologi) maupun soshum (sosial dan humaniora) dengan nilai rata-rata tertinggi. Pada rumpun saintek, program studi kedokteran menempati urutan teratas dengan nilai rata-rata 735,92.

Kemudian disusul teknologi sains data, sistem informasi, kedokteran gigi, dan statistika. Sementara itu, pada rumpun soshum, nilai rata-rata tertinggi ada pada program studi psikologi dan akuntansi dengan nilai rata-rata masing-masing mencapai 676,92 dan 672,42.

Lebih lanjut, Nasih menyampaikan dari 2.672 mahasiswa baru, 33 di antaranya merupakan siswa-siswi lintas jurusan. Beberapa dari mereka memilih program studi yang sama sekali berbeda dengan penjurusan saat SMA.

Menyiasati hal tersebut, Unair memberikan beberapa solusi bagi mahasiswa baru lintas jurusan. Pertama, mahasiswa lintas jurusan harus memberikan keterangan minimal nilai akhir mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan program studi.

"Jadi, nanti mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang harus memberikan keterangan nilai mata pelajaran di SMA yang sesuai dengan mata kuliah di program studinya. Misalnya, jika di FKG, mereka harus memberi keterangan nilai biologi dan kimia, dan seterusnya," ujarnya.

Selain itu, Unair juga memberikan fasilitas berupa matrikulasi bagi mahasiswa lintas jurusan. Mahasiswa lintas jurusan harus memenuhi batas minimal nilai dalam matrikulasi sebelum mengikuti perkuliahan.

Hal itu, kata dia, bertujuan untuk meminimalisasi risiko yang akan terjadi, khususnya saat studi berlangsung. Ia juga mengimbau para calon mahasiswa baru agar segera bersiap untuk melakukan daftar ulang.

Calon mahasiswa baru dapat mengakses seluruh informasi terkait persyaratan dan ketentuan pada laman Unair. "Bagi calon mahasiswa baru, dimohon agar segera mempersiapkan dokumen dan persyaratan lainnya untuk daftar ulang. Semua ketentuan secara detailnya bisa diakses di laman https://snbt.unair.ac.id/count.html," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement