Selasa 27 Jun 2023 13:16 WIB

Ajak Pola Hidup Sehat, Ganjaran Buruh Berjuang dan Ribuan Warga Ungaran Ikuti Jalan Sehat

Para pelaku UMKM itu disediakan wadah dalam kegiatan ini.

Komunitas buruh di Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bersama ribuan warga melakukan jalan sehat di Lapangan Desa Jatirungo, Pringapus, Ungaran, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Web
Komunitas buruh di Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bersama ribuan warga melakukan jalan sehat di Lapangan Desa Jatirungo, Pringapus, Ungaran, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Komunitas buruh di Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bersama ribuan warga melakukan jalan sehat di Lapangan Desa Jatirungo, Pringapus, Ungaran, Jawa Tengah. 

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan, pihaknya berfokus pada kaum buruh dengan menggelar acara yang variatif. Acara ini tak lain adalah untuk meraih ganjaran kesejahteraan. 

Baca Juga

"Kali ini bentuk acaranya olahraga, jalan sehat. Minggu lalu di Solo senam ceria, kemudian jalan sehat dan kegiatan olahraga di tempat-tempat lain," ujar dia seperti dilansir pada Selasa (27/6/2023). 

Selain mengadakan, kegiatan jalan sehat, mereka juga menghadirkan hiburan yang bermacam-macam. "Ada pusat jajanan. Kami juga mengundang UMKM di sekitar sini," kata dia.

 

Para pelaku UMKM itu disediakan wadah dalam Warung Ganjaran. Selain bermanfaat bagi masyarakat dan buruh, mereka juga merangkul kalangan UMKM. "Jadi, pada hari ini kami melibatkan sekitar 3.000 orang dalam kegiatan ini," ujar dia.

Lukman menerangkan bahwa kegiatan itu terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang setiap hari dan setiap saat olahraga terus. "Tentu ini menjadi modal yang besar bagi kepemimpinan ke depan. Rakyat sehat pasti negara kuat," kata dia.

Dia pun berkomitmen untuk terus gencar melakukan sosialisasi dan kegiatan bermanfaat di kawasan Kabupaten Semarang yang terdapat 800 ribu pemilih dan 75 persennya adalah kaum buruh.

Salah satu peserta, Atikasari mengapresiasi kegiatan yang digelar sukarelawan GBB tersebut. "Bagus ya, kita bisa sehat juga dengan senam. Selain itu, ada jalan sehat. Kami membaur bersama masyarakat," ujar dia.

Dilansir dari Antara, Ganjaran Buruh Berjuang dideklarasikan pada tanggal 20 November 2022 di Semarang, dengan melibatkan seribu buruh dari kota dan kabupaten Semarang. Selama lima bulan terakhir telah melakukan berbagai kegiatan dan menyisir kantong-kantong buruh di Pulau Jawa (Jateng, Banten, Jabar, Jakarta, dan Jatim).

GBB juga mengusung konsep hubungan industrial alternatif melalui Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) dan pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial.

FMHI sudah digelar di beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan melibatkan unsur-unsur dari Apindo, Kadin, serikat pekerja, dan akademisi.

GBB juga akan memperluas jangkauan ke luar negeri dengan membentuk GBB luar negeri yang akan melibatkan WNI yang bekerja di luar negeri.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement