Selasa 11 Jul 2023 13:06 WIB

Survei IPN Unggulkan Prabowo, Ganjar: Hasilnya Bagus

IPN juga melakukan simulasi apabila para calon saling berhadapan atau head to head.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Ganjar saat mengunjungi RSUD Dr Moewardi Solo, Selasa (11/7/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian Choir/Repub
Ganjar saat mengunjungi RSUD Dr Moewardi Solo, Selasa (11/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo enggan berkomentar soal hasil survei dari Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) yang menempatkan dirinya di urutan kedua. Sedangkan, Prabowo Subianto menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi di urutan pertama.

"Ya hasil terakhir surveinya Moewardi bagus kok ya bagus, bagus, jadi pelayanannya bagus," kata Ganjar seusai peresmian gedung instalasi stem cell, gedung nuklir, dan administrasi di RSUD Dr Moewardi, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

Meskipun demikian, ia enggan menanggapi ketika ditanya awak media soal hasil dari survei IPN tersebut. 

Sebelumnya, Peneliti senior IPN, Ike Sihotang, mengatakan hasil survei responden yang ditanya jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, dan hanya diikuti oleh tiga calon, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. "Dalam simulasi tiga besar, Prabowo masih tidak bergeming dari posisi pertama dengan perolehan dukungan 42,3 persen," ujarnya, Senin (11/7).

Berdasarkan hasil survei, Ganjar Pranowo berada di urutan kedua dengan 37,4 persen dan Anies Baswedan berada di posisi ke tiga dengan 17 persen. Sementara responden yang tidak menjawab dan belum menentukan pilihan sebanyak 3,3 persen.

Elektabilitas Prabowo dalam survei IPN mengungguli angka keterpilihanan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dengan masing-masing memperoleh 37,4 persen serta 17 persen.

IPN juga melakukan simulasi apabila para calon saling berhadapan atau head to head. Berdasarkan hasil survei, Prabowo tampak memiliki elektabilitas yang tinggi dalam berbagai simulasi berhadapan dengan Ganjar atau Anies.

"Hasil survei menunjukkan bila Prabowo berhadapan secara head to head dengan Ganjar maka kompetisi akan dimenangkan oleh Prabowo," kata Ike.

Elektabilitas Prabowo berada di angka 52,1 persen jika berhadapan dengan Ganjar yang mengantongi angka keterpilihan 38,5 persen dengan 9,4 persen yang belum menentukan pilihan. Kemudian, Prabowo memperoleh elektabilitas 51,4 persen apabila berhadapan dengan Anies yang mendapatkan 31,9 persen dengan 16,7 persen belum punya pilihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement