Selasa 11 Jul 2023 22:45 WIB

SDN Nayu Barat 1 Solo Baru Terima 1 Siswa, Ini Faktor Penyebabnya

Peserta didik baru itu mendaftar melalui jalur zonasi.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Suasana di SDN Nayu Barat 1, Selasa (11/7/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana di SDN Nayu Barat 1, Selasa (11/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- SD Negeri Nayu Barat 1, Nusukan, Banjarsari, Solo, Jateng, pada tahun ajaran baru ini, tercatat sepi peminat. Di mana hingga kini baru ada satu peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur zonasi.

"Jalur zonasi kita baru terima satu satu siswa, untuk siswa afirmasi kita tidak menerima," kata Kepala SDN Nayu Barat 1 Inawangsih, Selasa (11/7/2023).

Ina menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah ini. Yakni, berkurangnya penduduk di sekitar area sekolah lantaran terkena relokasi pembangunan elevated rail.

Ada juga faktor ekonomi masyarakat yang didominasi kalangan menengah ke atas sehingga mereka lebih memilih memasukkan anaknya di sekolah swasta.

"Kendala kita ya saya melihat permukiman pinggir rel semua direlokasi dan mayoritas warga sini kalangan menengah ke atas sehingga mencari sekolah di swasta yang saya ketahui itu," katanya.

Faktor lainnya juga mereka harus bersaing dengan 4 SDN yang menempati zonasi yang sama. Yakni SDN Rejosari, SDN Nayu Barat 2, SDN Cengklik, serta SDN Cemara dua.

"Kita juga bersaing dengan sekolah negeri lain, yang zonanya sama, apalagi mereka membuka rombel (rombongan belajar, Red) kelas yang banyak. Sehingga mereka larinya ke sana," ujar dia.

Kendati demikian, pihaknya akan menerima sembilan siswa dari luar kota lantaran sepinya peminat di SD tersebut. "Untuk offline kita terima sembilan siswa, siswa dari luar Kota Sukoharjo dan Karanganyar, " katanya.

Di sisi lain, Ina menjelaskan penurunan minat siswa mendaftar ke SD tersebut memang sudah terasa sejak pandemi Covid-19. "Sejak pandemi Covid-19 memang sudah terasa penurunan jumlah siswa. Tahun kemarin hanya terima 12 siswa," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement