Rabu 19 Jul 2023 09:00 WIB

Benahi Sanitasi di Tepus Gunungkidul, Dana Bansos Rp 238 Juta Disalurkan

Total penerima manfaat di 2023 sebanyak 51 kepala keluarga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Warga memeriksa sarana MCK untuk sarana sanitasi sehat (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Warga memeriksa sarana MCK untuk sarana sanitasi sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI -- Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan bantuan sosial untuk kebutuhan sanitasi di Kapanewon Tepus. Bantuan yang berasal dari anggaran Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) ini diserahkan di Sidoharjo, Tepus.

Panewu Tepus, Alsito mengatakan, total anggaran PIWK 2023 senilai Rp 238 juta. Penerimaan tahap pertama dilaksanakan kepada 33 penerima manfaat dengan anggaran Rp 168 juta.

“Tahap pertama ini menyasar tiga kalurahan, di antaranya Sidoharjo, Sumberwungu, dan Purwodadi,” kata Aslito dalam sambutanya di hadapan bupati.

Dikatakan, untuk total penerima manfaat di 2023 sebanyak 51 kepala keluarga. Penerima manfaat akan memperoleh bak penampungan air hujan senilai Rp 8 juta, septictank Rp 4 juta, dan jamban sehat Rp 4 juta.

Adapun sisanya akan disampaikan dalam tahap kedua. Sementara itu, Bupati Sunaryanta menyatakan, pembangunan sumber daya manusia merupakan kebutuhan super prioritas di samping pembangunan fisik.

Bantuan ini diharapkan juga menekan angka stunting. "Dengan bantuan ini masyarakat dapat memperolah air bersih, sanitasi, dan jambanisasi yang layak. Tepus ini stunting agak tinggi,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement