Selasa 25 Jul 2023 20:02 WIB

Magang MBKM, Mahasiswa Amikom Jadi Director pada Talkshow Talkcation RBTV

RBTV menjalin program kemitraan dengan Universitas Amikom Yogyakarta.

Logo Universitas Amikom Yogyakarta
Foto: Amikom
Logo Universitas Amikom Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Acara TalkCation di Reksa Birama Television (RBTV) tahun ini dikelola oleh mahasiswa Amikom Yogyakarta yang mengikuti program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) batch kelima. Program magang berlangsung sejak 2 Mei 2023 hingga 20 Juni 2023 lalu,

TalkCation hanyalah sebuah acara talkshow dengan para tamu eksentrik yang memperlihatkan kehidupan sehari-hari mereka dalam profesi spesifik dan pekerjaan mereka. "Namun, yang sering kali dianggap remeh adalah interpretasi unik dari genre yang ada," ujar Ryan Danilo Rada, salah seorang peserta magang MBKM Universitas Amikom, dalam siaran persnya, Selasa (25/7/2023).

Meskipun disiarkan oleh RBTV, TalkCation merupakan salah satu program MBKM untuk magang guna mendapatkan pengalaman di bidang kerja, yang eksklusif ditawarkan oleh Amikom bagi mahasiswa program Studi Komunikasi untuk mengikuti magang mereka.

TalkCation secara eksklusif di bawah naungan Amikom karena RBTV menjalin program kemitraan dengan Universitas Amikom Yogyakarta. Selain itu, dalam konteks produksi penyiaran, TalkCation terkenal memberikan pengalaman yang memadai bagi mahasiswa dalam mensimulasikan lingkungan kerja aktif di dalam sebuah set produksi.

"Salah satu faktor unik dari TalkCation adalah bahwa program magang ini tidak hanya ditujukan khusus untuk mahasiswa dalam program Studi Komunikasi, tetapi juga sebagai wadah kreatif bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka dan melaksanakan mereka dengan mudah dan aman karena memiliki wadah yang dapat digunakan," kata peserta magang lainnya, Yosua Kurniawan.

Karena dianggap sebagai bentuk produksi, penting untuk dicatat bahwa ada berbagai peran dan pekerjaan yang perlu dilakukan. Dengan nama seperti TalkCation, sutradara dan produser sangat dibutuhkan dalam konseptualisasi proyek. Salah satu peran penting adalah penggunaan dan kehadiran Creative Director serta Program Director.

Creative Director, seperti sutradara pada umumnya, bertanggung jawab dalam menciptakan dan merumuskan ide-ide yang akan diwujudkan. Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas impian, penelitian, dan konseptualisasi tujuan tim secara keseluruhan dan mengubahnya menjadi produk yang terwujud.

"Sebagai contoh, dalam program TalkCation tahun ini, dilakukan implementasi-implementasi baru untuk menarik perhatian penonton lama dan baru dengan memberikan tampilan dan wajah baru pada TalkCation. Beberapa implementasi tersebut meliputi pengenalan karakter maskot baru, seorang pembawa acara dengan kepribadian yang beragam, sketsa dan trik khusus untuk menyajikan hiburan dan kesenangan dalam genre ini, dan yang tidak kalah penting, penggunaan animasi dan set 3D untuk memperkuat cerita dan percakapan antara pembawa acara dan bintang tamu," tutur Nerissa Nur Fitrianinda, peserta magang yang lain.

Sementara itu, Program Director bertanggung jawab dalam melaksanakan ide-ide yang telah direalisasikan di lokasi syuting atau saat proses pengambilan gambar, sesuai dengan namanya. Program Director juga bertanggung jawab dalam menjaga kesinambungan lokasi syuting dan mengontrol kualitas produk

"Kedua peran ini adalah sutradara dalam arti sebenarnya, dengan tugas tambahan untuk berkoordinasi dengan orang-orang dalam berbagai pekerjaan dengan berbagai tugas, karena mereka merupakan sumber kehidupan dari apa yang membuat acara ini berjalan dan bergerak," ujar peserta magang yang lain, Febriansyah Dwi Putranto.

Yosua mencontohkan, Creative Director harus menetapkan standar kreativitas, seperti memiliki daftar kriteria dan bintang tamu untuk dipilih, serta koordinator bakat untuk mencari bintang tamu tersebut, dan seorang pembawa acara untuk menjalankan ide-ide yang telah dikonseptualisasikan. Hal yang sama juga berlaku untuk Program Director, seperti program director berkoordinasi dengan Floor Director saat proses pengambilan gambar di lokasi, dan Liason Officer untuk mengatur tindakan bintang tamu dan apa yang diizinkan dan tidak diizinkan selama proses syuting dan di depan kamera.

Penting untuk dicatat bahwa program MBKM berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sebagai mitra kerja sama, Kemendikbud tidak hanya bekerja sama dengan RBTV untuk membuat TalkCation menjadi program magang yang valid untuk diikuti, tetapi mereka juga memfasilitasi kebutuhan mahasiswa untuk tidak hanya mengeksplorasi ide-ide kreatif, tetapi juga mengembangkannya dan mengasah kemampuan berpikir kreatif dan kebebasan berkreasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement