Rabu 26 Jul 2023 20:38 WIB

Pemkab Sleman Batalkan Penempatan TPS di Cangkringan Usai Ditolak Warga

Penolakan disampaikan warga saat sosialisasi digelar Selasa (25/7/2023) malam.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
  Spanduk bertuliskan penolakan terkait rencana dibangunnya tempat pembuangan sampah sementara terpampang di wilayah Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Rabu (26/7/2023).
Foto: Febrianto Adi Saputro
Spanduk bertuliskan penolakan terkait rencana dibangunnya tempat pembuangan sampah sementara terpampang di wilayah Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Rabu (26/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rencana Pemerintah Kabupaten Sleman menempatkan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di Umbulharjo, Cangkringan, dipastikan batal. Pembatalan itu lantaran adanya penolakan yang disampaikan warga di sekitar lokasi tersebut.

"Ya karena nggak boleh ya, ya kita hormati," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya, Rabu (26/7/2023).

Pemerintah kabupaten mengaku menghormati sikap warga yang menolak wilayahnya dijadikan TPS sementara. Saat ini, Pemkab Sleman tengah mencari lokasi lain yang bisa dijadikan tempat untuk menampung sementara sampai TPA Piyungan kembali dibuka.

"Kita hormati warga yang enggak setuju, kita kan enggak boleh memaksakan kehendak di negara ini. Kita insya Allah cari di lokasi lain pasti dapat, karena untuk kepentingan umat, kepentingan wong akeh pasti banyak jalan keluarnya. Wes yakin lah ini aku udah rembug-rembug insya Allah dapat," ujarnya.

Namun demikian dirinya belum mau mengungkapkan di mana lokasi lain yang dimaksud. Saat ini, Pemkab Sleman masih meminta kesediaan warga agar wilayahnya mau dititipi sampah sementara

"Nanti kalau ini sudah deal, ini tak suruh tanda tangan semua,ini baru nanti diumumkan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Epiphana Kristiyani menyebut lokasi TPS kemungkinan tetap di Cangkringan. Hal tersebut mengingat Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X telah menyediakan lahan Sultan Ground di Cangkringan.

Hanya saja lokasinya kemungkinan tidak di Karanggeneng, Umbulharjo, Sleman. "Kan Ngarso Dalem menyediakan di Cangkringan, tho? Iya nanti kita mungkin akan lihat di Cangkringan di tempat yang lain. Tapi mungkin kita juga lihat di kapanewon yang lain," kata dia.

Namun demikian, pemerintah akan kesulitan apabila TPS sementara ditempatkan di kapanewon lain. Oleh karena itu pihaknya berupaya mencari lokasi lain yang bisa diterima oleh masyarakat.

"Tinggal ini ada benturan atau tidak. Oleh karena itu akan kita cari tempat yang benturannya sekecil mungkin sehingga masyarakat bisa menerima," ungkapnya.

Sebelumnya, warga Desa Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, menyampaikan penolakannya terkait rencana pemerintah menjadikan wilayah tersebut sebagai tempat penampungan sampah sementara. Penolakan disampaikan warga saat sosialisasi digelar pada Selasa (25/7/2023) malam.

Warga juga menyampaikan penolakan dengan memasang spanduk di sekitar lokasi yang rencananya akan dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara. Berdasarkan pantauan Republika di lokasi pada Rabu (26/7/2023) siang, terdapat empat spanduk yang dipasang di sekitar jalan masuk menuju lokasi yang akan dijadikan TPS sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement