Ahad 06 Aug 2023 05:32 WIB

Puncak Musim Kemarau Tiba, Segini Jumlah Stok Cadangan Beras di Bantul

Jajaran pemkab telah memantau kondisi sejumlah lahan pertanian.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Pekerja usai memanen padi menggunakan mesin di Bantul, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pekerja usai memanen padi menggunakan mesin di Bantul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Stok komoditas beras masyarakat Kabupaten Bantul dipastikan tercukupi selama musim kemarau 2023. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul menyebutkan stok beras di wilayah setempat aman hingga Oktober 2023.

"Produksi beras di Bantul selama Juli sampai September 2023 mencapai 27.287,14 ton beras. Sedangkan kebutuhan konsumsi masyarakat selama Juli-September 2023 sebanyak 20.340 ton beras," ujar Kepala Bidang Penyuluhan, Produksi dan Pengembangan Usaha Pertanian (P3UP) DKPP Bantul, Imawan Eko Handriyanto.

Dengan demikian, ada surplus beras 6.947,04 ton dengan asumsi dari produksi beras Bantul saja. Jumlah data beras itu belum ditambah dengan stok yang ada di penggilingan dan jumlah cadangan pangan pemerintah sebanyak 33,036 ton, Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat, dan lain sebagainya.

Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo menambahkan, stok beras terpantau mengalami surplus sejak 2022, dengan jumlah mencapai hampir 100 ribu ton. Terkait musim kemarau, pihaknya telah memantau kondisi sejumlah lahan pertanian.

"Sejauh ini belum ada lahan yang kekeringan dikarenakan El Nino atau musim kemarau. Jadi semua masih aman," jelas Joko.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement