Kamis 10 Aug 2023 08:57 WIB

Sherpa Academy Antarkan Mahasiswa UMM Juarai Kompetisi Business Plan

Platform jadi solusi bagi mereka yang masih bingung memersiapkan beasiswa.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
 Sherpa Academy yang diciptakan oleh mahasiswa UMM berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi business plan tingkat nasional.
Foto: Dokumen
Sherpa Academy yang diciptakan oleh mahasiswa UMM berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi business plan tingkat nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sherpa Academy yang diciptakan oleh mahasiswa UMM berhasil lolos pendanaan  Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dari Kemendikbud-Ristek RI. Setelah itu, Sherpa Academy berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi business plan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Perwakilan Sherpa Academy, Samsul Huda mengatakan, keikutsertaannya dalam kompetisi ini bertujuan untuk menarik banyak perhatian dan meningkatkan brand awareness Sherpa Academy. Karena kompetisi ini bersifat individu, dirinya dipilih untuk menjadi perwakilan tim untuk mempresentasikan Sherpa Academy yang dituang dalam bentuk business plan.

Ia bersyukur dan senang karena berhasil menorehkan prestasi untuk diri sendiri dan juga bagi tim serta untuk kampus putih UMM. "Ini merupakan sebuah awal baru bagi saya untuk terus meningkatkan kualitas diri terutama dalam bidang bisnis dan entrepreneurship,” ungkap Samsul. 

Mahasiswa Prodi Manajemen itu menjelaskan Sherpa Academy merupakan lembaga atau platform yang menyediakan layanan mentorship persiapan beasiswa yang berfokus pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Sherpa Academy memiliki visi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia melalui pembekalan komprehensif yang mencakup pengetahuan.

Kemudian juga keterampilan teknis dan pembentukan karakter (character building). Menurut dia, Sherpa Academy berkomitmen untuk membuka jalan bagi pejuang beasiswa dalam meraih impian mereka. Platform ini ditujukan sebagai sebuah jawaban dan solusi bagi mereka yang masih bingung mempersiapkan beasiswa.

Sherpa Academy juga memiliki konsep sebagai lembaga edutech. Dalam pembelajarannya, platform itu erat dengan penggunaan teknologi. Misalnya saja, kelas mentoring yang dilaksanakan melalui zoom meeting , tools slido, dan padlet sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran yang diberikan.

Pemuda asal Trenggalek itu berharap dari kemenangan ini dapat meningkatkan keahliannya. Kemudian juga dapat meraih prestasi-prestasi lain, utamanya di ranah bisnis dan entrepreneurship. Ia juga berpesan bagi mahasiswa lainnya untuk terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri serta  tidak takut dalam mencoba sesuatu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement