Kamis 10 Aug 2023 14:50 WIB

Sebanyak 38 Calon Paskibraka Sleman Mulai Pemusatan Pelatihan

Pemusatan pelatihan dengan karantina akan berlangsung sampai 17 Agustus 2023.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Sebanyak 38 siswa tingkat SMA terpilih mengikuti pemusatan latihan Calon Paskibraka Kabupaten Sleman tahun 2023 di Balai Besar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM) DIY, Beran, Sleman, Kamis (10/8/2023).
Foto: Humas Pemkab Sleman
Sebanyak 38 siswa tingkat SMA terpilih mengikuti pemusatan latihan Calon Paskibraka Kabupaten Sleman tahun 2023 di Balai Besar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM) DIY, Beran, Sleman, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Jelang Peringatan Upacara 17 Agustus, sebanyak 38 siswa tingkat SMA terpilih mengikuti pemusatan latihan calon paskibraka Kabupaten Sleman tahun 2023 di Balai Besar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM) DIY, Beran, Sleman, Kamis (10/8/2023). Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Arif Wibowo mengatakan, Pemkab Sleman berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menyeleksi 38 siswa calon paskibraka.

"Diharapkan sebagai siswa terpilih tentu memiliki keunggulan yang lebih dan berharap dengan pelatihan yang diberikan para pelatih dapat membentuk sikap, perilaku disiplin, kekompakan, dan kebersamaan sehingga selain dapat melaksanakan kewajiban mengibarkan bendera pusaka pada 17 Agustus 2023 juga dapat membentuk anak-anak unggul di Kabupaten Sleman seperti harapan dari orang tua siswa," kata Arif dalam keterangan tertulisnya, Kamis. 

Arif berharap para calon paskibraka dapat dengan serius dan penuh tanggung jawab mengikuti pelatihan yang diberikan pelatih sehingga dapat sukses dan lancar dalam mengemban tugas. Arif juga berpesan kepada orang tua agar setelah tugas selesai dapat memantau anak-anak untuk menjadi lebih baik lagi dan berguna bagi keluarga, lingkungan, bangsa, dan negara.

Pemusatan pelatihan dengan karantina ini akan berlangsung sampai dengan 17 Agustus 2023. Sebelumnya siswa-siswi ini juga sudah mulai berlatih di lapangan Pemda Sleman sejak 17 Juli dan mulai 10 Agustus ini latihan akan dilakukan di Lapangan Denggung tempat upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Sleman akan dilaksanakan.

Pemusatan pelatihan diawali dengan apel siaga. Arif yang bertindak selaku inspektur upacara menghadirkan orang tua siswa untuk menyerahkan putra-putrinya. Acara ditandai dengan penyerahan siswa oleh orang tua kepada Dinas Pemuda dan Olahraga dan pemasangan atribut pelatihan oleh inspektur upacara.

Salah satu orang tua calon paskibraka Kabupaten Sleman Nunik Sugianti, mengaku menyadari tidak mampu dan mempunyai waktu yang cukup untuk mendidik anak mereka sendiri. Ia pun mengapresiasi para pelatih dan Pemerintah Kabupaten Sleman yang meyakini akan melakukan yang terbaik untuk putra-putri mereka. 

"Kami percaya segala kebijakan dan kegiatan pelatihan yang dirancang pastilah dalam rangka untuk kebaikan mereka semata, karenanya kami tidak akan berlepas tangan untuk memikul tanggung jawab bersama-sama," ujar Nuning.

Nuning berharap putra-putri mereka dapat menemukan dirinya dalam mempersiapkan masa depan sebagai generasi unggul melalui pelatihan calon paskibraka Kabupaten Sleman tahun 2023 ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement