Kamis 10 Aug 2023 21:23 WIB

Mantan Aktivis Mahasiswa Jabat Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII

Ia bersyukur seiring berjalannya waktu YBW UII terus membaik dan meningkat.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia, Luthfi Hasan melantik Ketua Umum YBW UII masa jabatan 2023-2028, di Gedung Auditorium YBW UII, Cik Ditiro, Yogyakarta, Kamis (10/8/2023).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia, Luthfi Hasan melantik Ketua Umum YBW UII masa jabatan 2023-2028, di Gedung Auditorium YBW UII, Cik Ditiro, Yogyakarta, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Suparman Marzuki resmi menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (UII) masa jabatan 2023-2028. Dalam pidatonya ia mengaku merasa asing saat dimandatkan sebagai ketua umum.

"Saya merasa seperti ada sesuatu yang asing ketika Pak Luhfi (Ketua Pembina YBS UII) dan anggota pembina memandatkan kepada saya sebagai ketua umum pengurus YBW UII. Sebagaimana keganjilan WA dan SMS yang saya terima, mereka tidak percaya apa benar Suparman Marzuki sepanjang jadi aktivis mahasiswa 81-87 kerjaannya adalah merongrong Badan Wakaf, selalu protes dengan keras," kata Suparman, di Auditorium YBW UII, Kamis (10/8/2023). 

Namun menurutnya hal itu ia lakukan dulu lantaran ada kesalahan dalam manajemen. Sehingga memunculkan reaksi mahasiswa ketika itu. 

"Sampai di ujung peristiwa itu adalah terjadi korban dua mahasiswa efek dari mismanajemen yang sangat serius. Perisitiwa itu tentu menjadi beban sejarah buat saya, dan semua pengurus," ucapnya. 

Namun ia bersyukur seiring berjalannya waktu YBW UII terus membaik dan meningkat. Diakuinya tatakelola organisasinya kini menjadi solid dan bagus. "Sudah punya unit usaha yang memberikan kontribusi posiitif bagi yayasan. Kita mesti bersyukur atas pencapaian-pencapaian ini," kata Suparman.

Menurutnya rasa syukur tidak sekedar mengucapkan alhamdulilah atas semua pencapaian, melainkan terus berusaha menjadikan UII semakin maju. 

"Mari kita wakafkan diri kita untuk yayasan, kita tata kelola organisasi dengan sebaik-sebaiknya sebagaimana  sumpah yang tadi kita ucapkan tidak lain untuk kemajuan UII," ungkapnya. 

Diketahui Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (YBW UII) resmi melantik Ketua Umum dan Ketua Pengawas YBW UII masa jabatan 2023-2028, di Gedung Auditorium YBW UII, Yogyakarta, Kamis (10/8/2023). Sekretaris Pembina YBW UII Harsoyo membacakan ketetapan Pembina YBW UII tentang Pemberhentian Pengurus dan Pengawas Masa Jabatan 2018-2023 dan Pengangkatan Pengurus dan Pengawas masa jabatan 2023-2028. 

Adapun Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII masa jabatan 2023-2028 yang dilantik hari ini yaitu Suparman Marzuki. Sedangkan Ketua Pengawas YBW UII Masa Jabatan 2023-2028 yang dilantik yakni Widodo.

Pelantikan ketua umum YBW UII dilakukan langsung oleh Ketua Pembina YBW UII Luthfi Hasan. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan pengurus YBW UII dan penyerahan Memori Akhir Jabatan Pengurus oleh perwakilan pengurus lama YBW UII masa jabatan 2018-2023 Muqodim kepada Suparman Marzuki selaku ketua umum YBW UII yang baru dilantik.

"Semoga saudara saudari dapat melaksanakan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya penuh tangggung jawab an pengabdian demi kemajuan dan pengembangan Yayasan Badan Wakaf UII, masyarakat, bangsa, agama dan negara," kata Luthfi di Auditorium YBW UII, Cik Ditiro, Yogyakarta, Kamis (10/8/2023).

Luthfi juga melantik secara langsung Widodo sebagai Ketua Pengawas YBW UII masa jabatan 2023-2028. Pelantikan dilanjutkan dengan serah terima jabatan pengawas YBW UII oleh Ketua Pengawas YBW UII 2018-2023 Endro Kumoro kepada Widodo.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga Allah mudahkan langkah kita," ucapnya.

Keputusan YBW UII menetapkan Suparman Marzuki sebagai Ketua Umum YBW UII dan Widodo sebagai Ketua Pengawas YBW UII dalam rapat Pembina Yayasan Badan Wakaf UII pada 14-15 Juli 2023 lalu.

Ketua Umum YBW UII dan jajaran yang dilantik yakni Suparman Marzuki (Ketua Umum), Allwar (Ketua Pengembangan Pendidikan), Arief Bachtiar (Ketua Pengembangan Usaha), Aden Wijdan Syarif Zaidan (Ketua Pemberdayaan Masyarakat), Siti Anisah (Sekretaris), Suharto (Bendahara). Kemudian Ketua Pengawas YBW UII yang dilantik yakni Widodo (Ketua), Endro Kumoro (Anggota Pengawas), Erna Hidayah (Anggota Pengawas). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement