Jumat 11 Aug 2023 13:26 WIB

Perayaan Puncak Hari UMKM di Solo Besok, Dihadiri Presiden Jokowi

Ada sekitar 2.000 pelaku usaha yang akan memeriahkan acara tersebut.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.
Foto: Republika/Alfian
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri puncak Hari UMKM 2023 di Pamedan Puro Mangkunegaran, Solo, Sabtu (12/8/2023). Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ketika ditemui.

Ia mengonfirmasi memang ada rencana tersebut, tapi pihaknya meminta untuk menunggu terlebih dahulu. "Besok ditunggu saja ya, rencana ke sini (Hari Jadi UMKM), ditunggu aja ya," katanya.

Selain di Puro Mangkunegaran, Gibran juga mengatakan Jokowi rencananya akan menilik Lokananta. Di mana di sana digelar acara UMKM bersama Youtube dan Google. "Ke Lokananta juga, acara Google dan Youtube," ujar dia.

Ditambahkan, perayaan Hari Nasional UMKM dihadiri pula oleh para menteri. Di antaranya Menkop UKM Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Uno, Menkominfo Budi Arie, dan Mendag Zulkifli Hasan di Solo Technopark.

"Besok ada Pak Menparekraf, Pak Sandiaga, yang punya acara Pak Menkop UKM, Pak Teten, Pak Mendag," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo, Wahyu Kristina, menegaskan Hari UMKM mulai diselenggarakan per 10 hingga 13 Agustus 2023. Kegiatan dibuka di Pamedan Puro Mangkunegaran.

"Ada sekitar 2.000 pelaku usaha yang akan memeriahkan acara tersebut. Ribuan pelaku usaha ini nantinya tersebar di sejumlah lokasi, seperti pelatihan di Solo Technopark (STP) dan workshop serta forum sosialisasi di Pamedan, Pura Mangkunegaran," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement